DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kinerja Pegawai Subbagian Umum dan Kepegawaian Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong
PENGARANG:Serley Irmayanti
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-22


ABSTRAK

Serley Irmayanti. 1810411620044     “Kinerja Pegawai Subbagian Umum dan Kepegawaian Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong”. Dibawah bimbingan Muhammad Riduansyah Syafari.

     Permasalahan yang terjadi terkait dengan fenomena kinerja pegawai yang dapat diketahui ketika masih sering terjadinya kesalahan dalam pelaksanaan pekerjaan seperti pendataan surat masuk dan surat keluar yang hanya didata pada buku agenda tetapi suratnya lupa untuk diarsipkan sehingga terkadang ketika surat itu dicari sulit untuk menemukannya karena ketidakteraturan penataan arsip surat menyurat, serta masih sering terjadinya kesalahan dalam pelaksanaan pekerjaan seperti kesalahan dalam penulisan nama guru / siswa atau nama sekolah sehingga membuat masyarakat atau guru kembali lagi ke kantor untuk meminta perbaikan dengan meminta dibuatkan surat yang baru.

     Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kinerja Pegawai Subbagian Umum dan Kepegawaian Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi bidang serta mengetahui apa saja faktor penghambat kinerja pegawai Subbagian Umum dan Kepegawaian Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong.

     Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Informan kunci terdiri atas Kepala Subbagian Umum dan Kepegawaian, Pegawai Staf Umum dan Kepegawaian, dan guru PNS di lingkungan pemerintahan Kabupaten Tabalong.

      Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kinerja Pegawai Subbagian Umum dan Kepegawaian Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong dilihat dari indikator yang digunakan peneliti untuk mengetahui kinerja pegawai Subbagian Umum dan Kepegawaian meliputi : kualitas kerja, kuantitas kerja, efektivitas, dan komitmen kerja bisa dikatakan sudah baik, tetapi dilihat dari ketepatan waktu dan kemandirian kerja masih kurang baik, adapun faktor yang menghambat kinerja pegawai Subbagian Umum dan Kepegawaian Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong terdapat dua faktor yakni faktor terbatasnya sumber daya manusia dan faktor sarana prasarana kualitas jaringan internet.

     Sarankan : 1) Menambah atau merekrut pegawai baru, adapun untuk pimpinan agar memastikan bahwa kebutuhan pegawai dipenuhi melalui analisis berkelanjutan terhadap tujuan kinerja, persyaratan pekerjaan, dan personel yang tersedia; 2) diperlukan adanya pelatihan dan pengembangan pegawai dan; 3) diperlukan WiFi repeater, perangkat ini berguna jika lokasi ruangan sulit dijangkau sinyal atau koneksi yang sering lambat atau terputus.

Kata Kunci : Kinerja Pegawai, Sumber Daya Manusia, Subbagian Umum dan Kepegawaian

 

ABSTRACT

Serley Irmayanti. 1810411620044  “The Tabalong Regency Education Office’s Public and Civil Service Subdivision’s Performance.” under the guidance of Muhammad Riduansyah Syafari.

    The issues that arise are related to the phenomenon of employee performance, which can be seen when errors occur in carrying out work, such as data collection of incoming and outgoing letters, which are only recorded in the agenda book but not archived, making it difficult to locate the letter due to irregularities in the arrangement of the archives. And there are still many problems in the execution of work, such as mistakes in writing the names of instructors/students or school names, causing the community or teachers to return to the office to request corrections by requesting a fresh letter.    

     The purpose of this study is to determine the performance of the Tabalong Regency Education Office's Public and Civil Service Subdivision in carrying out the field's main tasks and functions, as well as to determine what are the inhibiting factors for the performance of the Tabalong Regency Education Office's Public and Civil Service Subdivision.

    The data for this study was gathered by observation, interviews, documentation, and a review of the literature. Primary and secondary data sources were utilized in this study. In the Tabalong Regency government, key informants were the Chief of the General and Civil Service Subdivision, General Staff and Personnel Officers, and civil servant teachers.

     The findings revealed that the performance of the Tabalong Regency Education Office's Public and Personnel Subdivision employees, as measured by the indicators used by researchers to determine the performance of the General and Personnel Subdivision employees, such as work quality, quantity, effectiveness, and work commitment, is quite good, but that timeliness and work independence are still inadequate. There are two reasons that impede the performance of the staff of the Tabalong Regency Education Office's General and Personnel Sub-section, namely a lack of human resources and a poor internet network.

     Suggestions include: 1) Adding or recruiting new employees, as well as ensuring that employee needs are satisfied through continual examination of performance targets, job requirements, and available personnel by the leadership;  2) Employee training and growth are required, and 3) a WiFi repeater is required if the room location is difficult to access or the connection is frequently slow or disconnected.

 

Keywords: Employee Performance, Human Resources, General and Personnel Subdivision

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI