DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DAMPAK INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) TERHADAP PRODUKTIVITAS DAN PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA
PENGARANG:Yulianti
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-23


Yulianti (2022). Dampak Information and Communication Technology (ICT) Terhadap Produktivitas dan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Pembimbing: Ryan Juminta Anward.

            Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menjelaskan dampak dari Information and Communication Technology (ICT) terhadap produktivitas dan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari world bank dan federal reserve economic data. Analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik Vector Autoregression/ Vector Error Correction Model (VAR/ VECM) untuk mengidentifikasi seperti apa dampak dan pengaruh dari ICT terhadap produktivitas dan pertumbuhan ekonomi Indonesia baik dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan jika terdapat hubungan jangka panjang antara produktivitas yang dilihat berdasarkan data Total FactorProductivity (TFP) dan pertumbuhan ekonomi dengan variabel-variabel lain yang digunakan dalam peneltiian ini. Dalam hasil penelitian, Fixed Broadband Subscription (FBS) danInternet User (INT) berdampak signifikan dan berpengaruh positif dalam jangka panjang terhadap produktivitas ekonomi namun tidak signifikan dalam jangka pendek. Kemudian, Fixed Broadband Subscription(FBS) dan ICT Goods Export (ICTEXP) berdampak signifikan dan berpengaruh positif dalam jangka panjang terhadap pertumbuhan ekonomi, namun juga tidak signifikan dalam jangka pendeknya.

 

 

Kata Kunci: Produktivitas, Pertumbuhan Ekonomi, ICT, VECM

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI