DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI KEBERAGAMAN DI INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL PERANTARA PADA KELAS V SDN SEMANGAT DALAM 4 BARITO KUALA
PENGARANG:ANISA AHLA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-23


Ahla, Anisa, 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Keberagaman Di Indonesia Menggunakan Model Perantara Pada Kelas V SDN Semangat Dalam 4 Barito Kuala. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. H. M. Saleh, M.Pd.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Keberagaman Di Indonesia, PERANTARA. 

Permasalahan pada penelitian ini adalah masih rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal tersebut disebabkan pembelajaran masih berlangsung secara satu arah, guru lebih banyak berceramah dan bercerita daripada membawa siswa ke kondisi nyata, guru juga tidak menggunakan model ataupun media yang membuat siswa semakin bosan dalam menerima pembelajaran. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran PERANTARA yaitu Problem Based Learning, Teams Games Tournament, dan Numbered Head Together dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. 

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Semangat Dalam 4 Kabupaten Barito kuala yang berjumlah 22 orang siswa terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan, pada semester II tahun ajaran 2021/2022. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai 62,5% dengan kriteria Baik meningkat pada pertemuan IV menjadi 96,9% dengan kriteria Sangat Baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai 50,01% dengan kriteria Cukup Aktif dan meningkat pada pertemuan IV mencapai 100% dengan kriteria Sangat Aktif. Untuk hasil belajar siswa pada pertemuan I dengan ketuntasan klasikal 36,36% meningkat pada pertemuan IV dengan ketuntasan klasikal 100%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PERANTARA dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar pada siswa. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru, dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI