DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Strategi Pengembangan Objek Wisata Pantai Tabanio di Desa Tabanio Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut di Era New Normal
PENGARANG:Muhammad Fathi
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-23


Abstrak

Muhammad Fathi (2022), Strategi Pengembangan Objek Wisata Pantai Tabanio di Desa Tabanio Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut di Era New Normal. Pembimbing Dr. Noor Rahmini, SE, ME.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) karakteristik wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Pantai Tabanio, (2) faktor internal dan eksternal pengembangan pariwisata Pantai Tabanio di Kabupaten Tanah Laut, (3) Strategi pengembangan Pantai Tabanio di Kabupaten Tanah Laut.

Responden dalam penelitian ini ada sebanyak 58 responden wisatawan dan 7 responden yang dianggap ahli atau pakar terhadap strategi pengembangan objek wisata Pantai Tabanio. Penelitian ini menggunakan Analisis SWOT.

Hasil penelitian menunjukan 1. Karakteristik wisatawan objek wisata Pantai Tabanio yang memiliki persentase tertinggi adalah responden yang berumur 17-25 tahun, berasal dari wilayah Banjarmasin, mayoritas dari wisatawan adalah laki-laki, total kunjungan 2-5 kali ke objek wisata Pantai Tabanio, kebanyakan datang bersama rombongan, berstatus menikah, tingkat pendidikan SLTA/sederajat, selain itu pendapatan wisatawan berkisar Rp 1.000.000 – Rp 2.900.000, 2. Strategi pengembangan yang paling tepat adalah strategi S-O yaitu, (1) Peningkatan dan mempertahankan kualitas keindahan alam objek wisata untuk membuat nyaman wisatawan dengan udaranya yang sejuk saat berkunjung bersama keluarga saat hari libur. (2) Peningkatan dukungan Pemerintah serta peran POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata) dalam menambah atraksi wisata baru di objek wisata Pantai Tabanio.

Kata Kunci: Strategi Pengembangan, Objek Wisata Pantai Tabanio, Wisatawan, Metode Analisis SWOT

Muhammad Fathi (2022), Strategy for the Development of Tabanio Beach Tourism Objects in Tabanio Village, Takisung District, Tanah Laut Regency in the New Normal Era. Advisor Dr. Noor Rahmini, SE, ME.

This study aims to determine (1) the characteristics of tourists visiting Tabanio Beach attractions, (2) internal and external factors of Tabanio Beach tourism development in Tanah Laut Regency, (3) Tabanio Beach development strategies in Tanah Laut Regency.

Respondents in this study were 58 tourist respondents and 7 respondents who were considered experts or experts on the strategy of developing Tabanio Beach tourism objects. This research uses SWOT analysis.

Abstract

The results showed 1. Characteristics of tourists to the Tabanio Beach tourist attraction which has the highest percentage are respondents aged 17-25 years, coming from the Banjarmasin area, the majority of visitors are male, a total of 2-5 visits to the Tabanio Beach tourist attraction, mostly come with a group, are married, have a high school education level/equivalent, besides that, tourist incomes range from Rp. 1,000,000 – Rp. 2,900,000, 2. The most appropriate development strategy is the S-O strategy, namely, (1) Increasing and maintaining the quality of the natural beauty of objects tours to make tourists comfortable with the cool air when visiting with family on holidays. (2) Increasing Government support and the role of POKDARWIS (Tourism Awareness Group) in adding new tourist attractions at Tabanio Beach tourist attraction.

Keywords: Development Strategy, Tabanio Beach Tourism Object, Tourists, SWOT Analysis Method

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI