DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Tunagrahita Ringan Kelas 1 Menggunakan Media Kelereng Warna di SDLB Negeri Selat Kuala Kapuas
PENGARANG:HERRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-23


Herri, 2018. Skripsi, Upaya meningkatkan kemampuan berhitung anak tunagrahita ringan dengan menggunakan media kelereng warna kelas 1 SDLB Negeri Selat Kuala Kapuas. Program Studi Ilmu Pendidikan Luar Biasa, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (1) Noviana Sari,M.A dan Pembimbing (2) Mustikawati, M.Pd.

 

Penelitian menggunakan metode deskriftif yaitu cara penelitian yang berpusat pada masalah-masalah yang terjadi pada masa lampau, sekarang dan yang akan dating. Model penelitian tindakan yang digunakan adalah model siklus. Langkah-langkah penelitian terdiri dari : 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi dan 4) refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus.

 

Hasil penelitian menemukan bahwa pada siklus I terjadi peningkatan kemampuan berhitung anak dari awalnya kurang baik pada pertemuan ke -1 menjadi cukup baik pada pertemuan ke -2. Sedangkan pada siklus II pertemuan ke -3 terjadi perkembangan yang sangat pesat lagi, dimana kemampuan siswa menjadi perkembangan yang sangat baik. Gambaran ini member arti bahwa cara berhitung dengan menggunakan bantuan kelereng dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berhitung. Kemudian dari segi aktivitas guru juga mengalami peningkatan. Hal ini terlihat pada hasil siklus I pertemuan ke -1 dengan rata-rata 2, 1 (kualifikasi C), pertemuan ke-2 rata-rata 2,9 (kualifikasi C). sedangkan pada siklus II pertemuan ke -3 dengan 2,8 (kualifikasi C) meningkat menjadi 3,8 (kualifikasi B) pada pertemuan ke-4.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI