DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Pengeluaran Pemerintah di Bidang Pendidikan dan Kesehatan Serta Tingkat Kemiskinan Terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kota Banjarbaru
PENGARANG:Putri Juairiah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-23


Putri Juairiah (2022), Pengaruh Pengeluaran Pemerintah di Bidang Pendidikan dan Kesehatan Serta Tingkat Kemiskinan di Kota Banjarbaru di bimbing oleh Dewi Rahayu.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel pengeluaran pemerintah di bidang pendidikan dan kesehatan, serta tingkat kemiskinan terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Kota Banjarbaru. Penelitian ini menggunakan jenis data sekunder dan metode time series dengan periode tahun penelitian 2011-2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif eksplanatori kausal dengan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan metode analisis regresi linear bergadanda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengeluaran pemerintah di bidang pendidikan dan kesehatan, serta tingkat kemiskinan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia. Secara parsial, pengeluaran pemerintah di bidang kesehatan secara parsial berpengaruh terhadap Indeks Pembangunan Manusia. Sementara itu, untuk pengeluaran pemerintah di bidang pendidikan serta tingkat kemiskinan tidak berpengaruh signifikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia. Penelitian ini juga menunjukkaan bahwa pengeluaran peemrintah di bidang kesehatan menjadi variabel yang paling dominan mempengaruhi peningkatan Indeks Pembangunan Manusia di Kota Banjarbaru.

Kata Kunci: Pengeluaran Pemerintah di Bidang Pendidikan; Pengeluaran Pemerintah di bidang Kesehatan; Tingkat Kemiskinan; Indeks Pembangunan Manusia

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI