DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI REAKSI REDUKSI OKSIDASI DAN TATA NAMA SENYAWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS X IPA 4 SMA NEGERI 8 BANJARMASIN TAHUN AJARAN 2016/2017
PENGARANG:Trimah Semi Utami
PENERBIT:
TANGGAL:2017-10-31


Telah dilakukan penelitian tentang penggunaan model pembelajaran rotating trio
exchange (RTE)
berbantuan media audio visual pada materi reaksi reduksi
oksidasi dan tata nama senyawa di kelas X IPA 4 SMA Negeri 8 Banjarmasin
tahun ajaran 2016/2017. Penelitian bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan
motivasi siswa, (2) peningkatan hasil belajar aspek sikap dan pengetahuan siswa,
serta (3) respon siswa. Penelitian menggunakan rancangan penelitian tindakan
kelas (PTK) dengan 2 siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan
tindakan, observasi dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Subjek penelitian
adalah siswa kelas X IPA 4 SMA Negeri 8 Banjarmasin dengan jumlah 29 orang.
Instrumen penelitian berupa tes dan non tes. Data dianalisis dengan teknik analisis
kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terjadi
peningkatan motivasi siswa dari kategori cukup tinggi pada siklus I menjadi
kategori tinggi pada siklus II, (2) terjadi peningkatan hasil belajar aspek
pengetahuan sebesar 17% dengan rata-rata hasil belajar siklus I sebesar 59%
(tidak tuntas) dan pada siklus II sebesar 76% (tuntas), terjadi peningkatan hasil
belajar aspek sikap siswa dari cukup pada siklus I menjadi baik pada siklus II, dan
(3) siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe
RTE berbantuan media audio visual pada materi
reaksi reduksi oksidasi dan tata nama senyawa.


Kata Kunci: motivasi, sikap, pengetahuan, model pembelajaran RTE

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI