DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KEMAMPUAN GEOMETRI DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING KOMBINASI METODE WHOLE BRAIN TEACHING MENGGUNAKAN BAHAN ALAM DI KELOMPOK A TK NEGERI PEMBINA KUALA KAPUAS
PENGARANG:HERMY IRAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-23


ABSTRAK

 

Irawati, Hermy. 2022. Meningkatan Kemampuan Geometri dengan Model Discovery Learning Kombinasi Metode Whole Brain Teaching Menggunakan Bahan Alam Pada Kelompok A TK Negeri Pembina Kuala Kapuas. Skripsi Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Chresty Anggreani, M.Pd.

Kata Kunci: Peningkatan Kemampuan Geometri, Model Discovery learning, Metode Whole Brain Teaching, Media Bahan Alam

            Permasalahan dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan geometri pada anak kelompok A di TK Negeri Pembina Kuala Kapuas yang masih rendah. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan model discovery learning, metode whole brain teaching dan media bahan alam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, mendeskripsikan aktivitas anak, dan menganalisis hasil peningkatan kemampuan geometri anak. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masng-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan.

Indikator keberhasilan dikatakan berhasil jika pelaksanaannya mencapai kategori baik, kegiatan anak dikatakan berhasil apabila mencapai kriteria aktif dan sangat aktif, dan hasil capaian perkembangan anak minimal 75% atau skor 3 dan 4. Temuan ini menunjukkan aktivitas guru mengalami peningkatan mencapai  mencapai kategori “sangat baik” dengan skor 34. Subyek penelitian adalah kelompok A TK Negeri Pembina dengan jumlah 12 anak. Aktivitas anak mencapai presentase 75,339% kategori “aktif”. Dan hasil perkembangan anak meningkat dari siklus 1 ke siklus 2 mencapai presentase 81,93% kategori anak berkembang sangat baik.

Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa model discovery learning, metode whole brain teach

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI