DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal lambang bilangan menggunakan model make a match dengan media kartu angka di TK Anggrek DWP UNLAM Kota Banjarmasin
PENGARANG:Aulia Agustina
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-23


Permasalahan dalam penelitian ini adalahrendahnya kemampuan kognitif anak dalam mengenallambang bilangan, hal ini disebabkan dalammengembangkan kemampuan menganal lambangbilangan anak kurang diberikan kegiatan yang menyenangkan atau pembelajaran monotonUpayapemecahan masalah ini yaitu dengan menggunakanmodel pembelajaran make a match dan media kartuangkaTujuan dalam penelitian ini adalah untukmendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak, dan menganalisis hasil perkembangan anak.

Penelitian ini dilaksanakan pada 10 orang anak dikelompok A di TK Anggrek DWP UNLAM KotaBanjarmasin. Dengan menggunakan pendekatanPenelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari II siklus. Pada setiap pertemuan dilakukan perencanaanpelaksanaanpengamatan dan refleksiInstrumenpenelitian yang digunakan adalah rubrik dan lembarobservasi aktivitas guru, aktivitas anak dan hasilcapaian perkembangan kognitif dalam mengenallambang bilangan.

Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas guru mengalami peningkatan dari kategori Baik pada siklusmenjadi Sangat Baik pada siklus II. Aktivitas anaksecara klasikal juga mengalami peningkatan darikategori Kurang Aktif pada siklus I menjadi Sangat Aktif pada siklus II. Dan hasil perkembangan anaksecara klasikal meningkat dari siklus I Belum Berkembang (BB) menjadi Berkembang Sangat Baik(BSB) pada siklus II.

Berdasarkan hasil penelitianmaka dapatdisimpulkan aktivitas guru, aktivitas anak, dan kemampuan kognitif anak dalam mengenal lambangbilangan menggunakan model make a match denganmedia kartu angka pada anak kelompok A TK Anggrek DWP UNLAM Kota Banjarmasin dinyatakanberhasil.  Bagi guru diharapkan penelitian ini dapatdijadikan acuan dalam memilih kegiatanpembelajaranbagi kepala sekolah diharapkanpenelitian ini dapat dijadikan salah satu bahanpertimbangan dalam rangka pembinaan kepada guru dan bagi peneliti lain diharapkan penelitian ini dapatdijadikan salah satu bahan referensi dalam penelitianTindakan yang berikutnya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI