DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENDAPATAN DAN DAYA BELI KEBUTUHAN POOKOK PETANI KARET SAAT PANDEMI COVID-19 DI DESA GUNUNG RIUT KABUPATEN BALANGAN
PENGARANG:Ahmad Ghazali
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-23


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapatan dan daya beli terhadap kebutuhan pokok para petani yang ada di Desa Gunung Riut Kabupaten Balangan selama masa pandemi COVID-19. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, yang dilakukan pada bulan Januari-Maret 2022.

            Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode analisis penerimaan dengan rumus , kemudian analisis biaya dengan rumus , kemudian analisis daya beli kebutuhan pokok dengan rumus , yang mana pada perhitungan akhir digunakan analisis keuntungan dengan rumus  dengan jumlah responden 65 orang petani karet di Desa Gunung Riut Kabupaten Balangan.

Hasil membuktikan bahwa pendapatan petani karet saat pandemi COVID-19 masih stabil dan cukup untuk memenuhi daya beli terhadap kebutuhan pokok para petani karet. Responden paling banyak memiliki pendapatan adalah dengan jumlah 2 orang tanggungan yaitu sebesar Rp. 53.972.500 dan responden yang paling sedikit memiliki pendapatan adalah dengan 6 orang tanggungan yaitu sebesar Rp. 1.725.000.

Kata Kunci: Pendapatan; Daya Beli; Petani karet

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI