DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL HURUF MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL DEMONSTRATION, MAKE A MATCH DAN METODE BERMAIN DENGAN MEDIA FLASHCARD PADA ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI PEMBINA KUALA KAPUAS | |
PENGARANG | : | NOVITA | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2022-08-23 |
ABSTRAK
Novita. 2022. ”Mengembangkan Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Huruf
Menggunakan Kombinasi Model Demonstration, Make A Match dan Metode
Bermain Dengan Media Flashcard Pada Anak Kelompok B di TK Negeri
Pembina Kuala Kapuas”. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan
Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas
Lambang Mangkurat. Pembimbing Dr. Sulistiyana, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Kognitif, Mengenal Huruf, Demonstration, Make a Match, Bermain,
Flashcard
Penelitian ini dilatar belakangi pada rendahnya perkembangan kognitif anak
pada kelompok B TK Negeri Pembina Kuala Kapuas dalam kemampuan mengenal
huruf. Hal ini disebabkan karena pembelajaran kurang menarik, pembelajaran yang
hanya berpusat satu arah dan pembelajaran yang masih bersifat abstrak. Tujuan
penelitian ini untuk mendekripsikan aktivitas guru, dan menganalisis aktivitas anak
serta hasil pengembangan kemampuan kognitif anak dalam mengenal huruf.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis
penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan,
subjekpenelitian adalah kelompok B3 TK Negeri Pembina Kuala Kapuas yang
berjumlah 12 orang anak. Indikator keberhasilan aktivitas guru dikatakan berhasil
jika mencapai kriteria “sangat baik”, aktivitas anak dengan persentase ≥82%
kategori hampir seluruh anak aktif dan hasil perkembangan kognitif minimal ≥82%
mencapai BSH dan BSB.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas guru mengalami
peningkatan mencapai skor 30 kategori “sangat baik”. (2) Aktivitas anak
mengalami peningkatan mencapai persentase 100% dengan kategori “seluruh anak
aktif. (3) Hasil perkembangan kognitif mengalami peningkatan mencapai
persentase 100% yang berarti seluruh anak berhasil berkembang
mendapatkankriteria BSH dan BSB.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan kombinasi
model demonstration, make a match dan metode bermain dengan media
flashcard dapat mengembangkan aktivitas dan hasil perkembangan kognitif sesuai
dengan indikator keberhasilan yang ditetapkan. Disarankan bagi guru, kepala
sekolah dan peneliti selanjutnya dapat menjadi bahan masukan informasi untuk
memperbaiki pembelajaran berikutnya pada anak.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI