DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS MENGGUNAKAN MODEL TEAM PADA SISWA KELAS V SDN TELUK DALAM 10
PENGARANG:MUHAMMAD NURKHALIS MAHMUDY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-24


ABSTRAK

Mahmudy,Muhammad Nurkhalis. 2022.Meningkatkan Motivasi dan Aktivitas Menggunakan Model Team Pada Siswa kelas V SDN Teluk dalam 10”. Skripsi ProgramPendidikanGuruSekolahDasar,FakultasKeguruandanIlmuPendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Akhmad Riandy Agusta, M.Pd.

Kata Kunci: Motivasi, Aktivitas, dan ModelTEAM.

Permasalahan penelitian adalah rasa ingin tahu dan keterlibatan siswa kurang, siswa kurang tertarik mempelajari konsep matematika, siswa kesulitan dalam memahami materi, siswa mengantuk dan sering berbicara dengan teman, kurangnya motivasi siswa, dan kurangnya aktivitas siswa. Hal ini disebabkan siswa belum terlibat aktif dalam pembelajaran, belum adanya media pembelajaran yang mendukung, serta model dan metode pembelajaran yang kurang bervariasi. Salah satu upaya meningkatkan motivasi dan aktivitas siswa yaitu melalui Model TEAM (Teamwork Realistic Games)yakni kombinasi ModelRealisctic Mathematics Education (RME),Student Teams Achievement Division (STAD)dan Teams Games Tournament (TGT).Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, meningkatkan motivasi belajar siswa, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Teluk Dalam 10 Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin tahun pelajaran 2021/2022, jumlah siswa sebanyak 11. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, melalui observasi aktivitas guru dan siswa serta data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data yang digunakan kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I sampai IV meningkat dari 25 hingga 35. Aktivitas siswa pada pertemuan I sampai IV meningkat dari 45% hingga 100%. Motivasi belajar siswa pada pertemuan I sampai IV meningkat dari 45% hingga 100%. Hasil belajar siswa dari 64% hingga 100% secara klasikal.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan Model TEAMdapat meningkatkan aktivitas guru, motivasi belajar siswa, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI