DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS V MENGGUNAKAN MODEL PROVIT DI SD MUHAMMADIYAH BERSUBSIDI HAMBUKU TENGAH
PENGARANG:LAILA NORHAYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-24


Rendahnya aktivitas, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar muatan IPS 

siswa kelas V, terjadi karena siswa kurang berpartisipasi dan terlibat secara aktif, 

pembelajaran cenderung membuat siswa menerima konsep materi saja, kurang 

membuat siswa memecahkan masalah sehingga siswa kurang mampu berpikir 

kritis, hasil belajar siswa >50% dibawah KKM/ pembelajaran kurang bermakna.

Masalah ini disebabkan oleh pembelajaran yang bersifat satu arah, pembelajaran 

kurang mendorong siswa memecahkan masalah, dan kurang menarik, akibatnya 

berpengaruh pada aktivitas, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. 

Pemecahan masalah menggunakan model PROVIT (kombinasi model Problem 

Based Learning, SAVI dan Talking Stick). Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan 

aktivitas guru, menganalisis aktivitas, keterampilan berpikir kritis serta hasil belajar 

siswa. 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian 

Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam empat kali pertemuan. Setting 

penelitian ini di kelas V semester genap SD Muhammadiyah Bersubsidi Hambuku 

Tengah tahun 2021/2022, dengan jumlah siswa sebanyak 19 siswa. Teknik 

pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Jenis data menggunakan data 

kualitatif dan kuantitatif. Analisis data menggunakan teknik deskriptif analisis 

dijabarkan dengan cross tabel. Indikator keberhasilannya adalah aktivitas guru 

dikatakan berhasil jika mencapai kriteria “Baik dan Sangat Baik”, aktivitas siswa 

dengan kriteria “Aktif dan Sangat Aktif”, keterampilan berpikir kritis siswa dengan 

kriteria “Kritis dan Sangat Kritis”. Hasil belajar siswa “Tuntas” apabila mencapai 

nilai ≥70 atau secara klasikal ≥80% siswa mendapat nilai ≥70.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru terlaksana dengan kategori “sangat 

baik”, aktivitas siswa meningkat hingga mencapai persentase 95% dengan kategori 

“hampir seluruhnya aktif”, keterampilan berpikir kritis siswa mencapai persentase

89% dengan kategori “hampir seluruhnya kritis”, dan hasil belajar siswa mencapai 

persentase 100% dengan kategori “seluruhnya tuntas”. 

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model PROVIT dapat 

meningkatkan aktivitas, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Hasil 

penelitian ini dapat disarankan kepada kepala sekolah sebagai pembinaan guru-

guru. Bagi guru dapat dijadikan sebagai alternatif dalam memilih model 

pembelajaran. Dan bagi peneliti lain sebagai referensi dalam memunculkan inovasi 

model-model pembelajaran khususnya di sekolah dasar.

 

Kata Kunci: Aktivitas Siswa, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, PROVIT 

(Problem Based Learning, SAVI, Talking Stick)

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI