DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPA MENGGUNAKAN MODEL GIAT DI SDN KUIN CERUCUK 4 BANJARMASIN
PENGARANG:Endah Norsafitri
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-24


Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model GIAT dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN Kuin Cerucuk 4, Kota Banjarmasin yang berjumlah 15 orang siswa terdiri dari 8 orang siswa laki-laki dan 7 orang siswa perempuan, pada semester 1 tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh skor 20, dan pertemuan 4 meningkat memperoleh skor 28. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 memperoleh persentase 33%, dan meningkat pada pertemuan 4 memperoleh persentase 93%. Adapun keterampilan berpikir kritis pada pertemuan 1 memperoleh persentase 40%, dan meningkat pada pertemuan 4 memperoleh persentase 93%. Untuk ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh persentase 40%, pertemuan 2 memperoleh persentase 60%, pertemuan 3 memperoleh persentase 80% dan pertemuan 4 memperoleh persentase 93%.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI