DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS, DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA 8 MUATAN PPKN MENGGUNAKAN MODEL PRO KONTRA KELAS IV SDN PELAMBUAN 2 BANJARMASIN
PENGARANG:HAYATUN NINGSIH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-24


ABSTRAK

Ningsih, Hayatun. 2022. Meningkatkan Motivasi, Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Tema 8 Muatan PPKn Menggunakan Model Pro Kontra Kelas IV SDN Pelambuan 2 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Asniwati, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci: Motivasi, Aktivitas, Hasil Belajar, Model Problem Based Learning (PBL), Contextual Teaching Learning (CTL) dan Role Playing.

Permasalahan penelitian adalah rendahnya motivasi dan aktivitas siswa sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa pada muatan pelajaran PPKn. Hal ini disebabkan minat siswa yang kurang untuk menggali materi lebih jauh serta kurangnya interaksi antar siswa dan siswa terlihat bosan dalam mengikuti pembelajaran dikarenakan hanya duduk dan mencatat sambil mendengarkan guru menjelaskan. Oleh karena itu salah satu upaya meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar yaitu melalui model Problem Based Learning (PBL), Contextual Teaching Learning (CTL) dan Role Playing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis aktivitas guru, motivasi belajar siswa, aktivitas siswa dan untuk menganalisis hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Pelambuan 2 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2021/2022, jumlah siswa sebanyak 25 orang. Data dihasilkan dari lembar instrument lembar observasi dan tes hasil belajar, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik. Selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masig indikator keberhasilan aktivitas guru dan siswa, motivasi siswa, serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan selalu meningkat, pada pertemuan I mendapatkan kriteria “Baik”, meningkat menjadi kriteria “Sangat Baik”. Motivasi siswa pada pertemuaan I mencapai skor kriteria “Cukup Tinggi” dan selalu mengalami peningkatan sehingga pertemuan IV mencapai skor kategori “hampir seluruh siswa sangat tinggi”. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan I memperoleh “Cukup Aktif” dan meningkat pada pertemuan IV menjadi kriteria “Sangat Aktif”. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I memperoleh 48% dan meningkat pada pertemuan IV memperoleh 100%.

Berdasarkan hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL), Contextual Teaching Learning (CTL) dan Role Playing dapat meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai bahan pertimbangan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI