DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Mengembangkan Aktivitas, Kerjasama dan Aspek Bahasa Menggunakan Kombinasi Model Pembelejaran Picture and Picture dan Pesawat Terbang Meluncur pada Kelompok B2 TK Negeri Pembina Banjarmasin Barat
PENGARANG:YUYUN YULIA SAFITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-24


Abstrak

Safitri, Yuyun Yulia.2022. Mengembangkan Aktivitas, Kerjasama dan Aspek Bahasa Dalam Memiliki Lebih Banyak Kata-kata Untuk Mengekspreikan Ide Pada Orang Lain Menggunakan Kombinasi Model Picture and Picture dan Pesawat Terbang Meluncur Pada Kelompok B2 TK Negeri Pembina Banjarmasin Barat. Skripsi Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.Pembimbing. Celia Cinantya,S.Kom.,M.Pd

Kata Kunci: Bahasa, Model Picture and Picture, Model Pesawat Terbang Meluncur

Permasalahan Penelitian ini rendahnya aktivitas, kerjasama dan  perkembangan aspek bahasa dalam memiliki lebih banyak kata-kata untuk mengekspresikan ide pada orang lain. Hal tersebut dikarenakan pembelajaran bersifat satu arah, pembelajaran yang tidak variatif, tidak memberi kesempatan pada anak terlibat secara langsung dalam pembelajaran dan bersifat indifidu. Maka salah satu upaya untuk mengembangkan aktivitas, kerjasama dan aspek bahasa anak dalam memiliki lebih banyak kata-kata untuk mengekspresikan ide pada orang lain yaitu dengan menggunakan kombinasi model Picture and Picture dan Pesawat Terbang Meluncur untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan menganalisis aktivitas ,kerjasama dan hasil pekrmebangan bahasa anak dalam memiliki lebih banyak kata-kata untuk mengekspresikan ide pada orang lain.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan. Jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan empat kali pertemuan. Subjek Penelitian ini adalah anak kelompok B2 TK Negeri Pembina Banjarmasin Barat yang berjumlah 6 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, melalui observasi aktivitas guru, aktivitas anak dan kerjasma anak dan perkembangan aspek bahasa. Data Kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes secara individu. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang dijabarkan dengan tabulasi dan grafik disajikan dengan indikator keberhasilan yang ditetapkan.

Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai kriteria baik dan pertemuan IV  mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas anak pada pertemuan I mencapi 33%, pertemuan II mencapai 50% , pertemuan III mencapai 67% dan pertemuan IV mencapai 100% , kerjasama anak pertemuan I mencapai 17% pertemuan II mencapai 33% pertemuan III mencapai 50% dan pertemuan IV mencapai 83%  Ketuntasan klasikal hasil perkembangan bahasa anak dalam memiliki lebih banyak kata-kata untuk mengekspresikan ide pada orang lain pada pertemuan I mencapai 33%, pertemuan II mencapai 50%, pertemuan III mencapai 67%dan pertemuan IV mencapai 100%

Berdasarkan hasil penelitian ini disampaikan bahwa melalui kombinasi model Picture and Picture dan Pesawat Terbang Meluncur dapat mengembangkan aktivitas anak, kerjasama anak dan hasil perkembangan bahasa anak. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam mengembangkan aktivitas anak, kerjasama belajar anak dan hasil perkembangan bahasa anak dalam memiliki lebih banyak kata-kata untuk mengekspresikan ide pada orang lain.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI