DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERBANDINGAN ALUR DAN MAKNA NOVEL LAYANGAN PUTUS KARYA MOMMY ASF DENGAN WEB SERIES LAYANGAN PUTUS KARYA BENNI SETIAWAN
PENGARANG:TABAH LASMIANNA BANUREA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-24


 ABSTRAK

 

Banurea, Tabah Lasmianna. 2022. Perbandingan Alur dan Makna Novel      Layangan Putus Karya Mommy ASF dengan Web Series Layangan Putus Karya Benni Setiawan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Pembimbing (1) Dr. Sainul Hermawan, M.Hum.; (2) Faradina, M.Pd

                

Kata kunci: Perbandingan, alur, makna, perubahan, dan pengembangan

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perubahan dan pengembangan alur serta implikasinya terhadap makna. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber datanya berupa novel Layangan Putus karya Mommy ASFdan web series Layangan Putus karya karya Benni Setiawan. Data penelitian berupa kumpulan peristiwa yang menunjukkan perubahan alur. Analisis data meliputi: pengidentifikasian, perbandingan, dan penyimpulan.

Hasil penelitian ini sebagai berikut. Pertama, terdapat perubahandan pengembangan alur meliputi penyituasian, tahap awal pemunculan konflik, menuju adanya konflik, tahap klimaks, dan tahap penyelesaian.

Pada tahap penyituasian, web series mengubah situasi perasaan tidak nyaman Kinan dengan situasi siraman kehamilan. Pada tahap pemunculan konflik, web series mengubah peristiwa Kinan kesal Aris selalu ke Masjid. kemudian Aris ingin menikah. Kinan marah menemukan parfum. Aris menghilang selama dua belas hari dengan peristiwa Aris selalu menghilang dengan alasan urusan kantor. Kinan merasa Miranda adalah selingkuhan Aris. Aris memberikan sebelah anting ke Lydia. Aris menghilang dan Kinan mengetahui Aris selingkuh. Pada peningkatan konflik, web series mengubah peristiwa Kinan melacak nomor Aris. Aris kembali ke rumah, Kinan mendapati foto honeymoon suaminya di Cappadocia dengan Kinan menceritakan Aris selingkuh kepada sahabatnya. Aris kembali ke rumah dan terjadi perdebatan. Pada tahap klimaks, web series mengubah peristiwa Mama Kinan curiga dengan rumah tangga Kinan. Kinan  meluruskan kesalahpahaman yang terjadi di rumah tangganya dengan Mama Kinan datang ke rumah sakit. Kinan mempertemukan Aris dan Lydia. Pada tahap penyelesaian, web series mengubah peristiwa Aris telah menikah. Kinan merelakan pernikahannya. Kinan menggugat cerai Aris. Aris dan Kinan sah berpisah.

                                                                                

  Kedua, perubahan tersebut berimplikasi pada perubahan makna, yakni adanya makna afirmasi dan makna negasi. Makna dari bentuk afirmasi meliputi pergantian, penyempitan, peninjauan ulang, gradasi, repetisi, perluasan dan makna negasi meliputi makna oposisi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI