DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH, KONSEP DIRI DAN ETOS KERJA DENGAN KINERJA GURU SMP SE KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN
PENGARANG:MUHAMMAD NAUFAL AKBAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-25


ABSTRAK

Muhammad Naufal Akbar. 2020. Hubungan Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Konsep Diri dan Etos Kerja dengan Kinerja Guru SMP Se Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Tesis. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing:  Dr. H. Muhammad Saleh, M.Pd dan Dr. Hj. Mahrita.

 

Kata Kunci:  Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Konsep Diri, Etos Kerja, Kinerja Guru

 

Supervisi Akademik Kepala Sekolah penting artinya bagi seorang guru dalam rangkan membuat kinerja guru lebih baik lagi sehingga dampaknya pada pekerjaan guru.Selain itu dari konsep diri juga memberikan hasil yang baik kinerja guru. Kedua dasar tersebut sudah barang tentu akan ditunjang dari etos kerja guru sehingga dari kedua variabel tersebut dapat berpengaruh pada Kinerja Guru akan datang. Permasalahannya bahwa guru SMP Se Kabupaten Hulu masih banyaknya guru yang tidak bersemangat (bermalas-malasan) dalam bekerja. Guru seringkali melalaikan tugas-tugas sehingga berdampak buruk bagi pendidikan.  Selain itu disiplin guru terlihat mengalami penurunan ada guru yang bolos. Guru hanya datang ke sekolah pada saat jam masuk dan pulang hanya untuk melakukan absensi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan supervisi akademik kepala sekolah dan konsep diri melalui etos kerja terhadap kinerja guru SMP Se Kabupaten Hulu Sungai

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode teknik korelasi (correlational research). Populasi penelitian ini berjumlah 162 guru ASN dengan teknik cluster sampling maka sampel yaitu 162. Teknik pengambilan data dengan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis path.

Hasil penelitian menunjukkan supervisi akademik kepala sekolah dan konsep diri tergolong sedang,sedangkan etos kerja dan kinerja guru tergolong tinggi. Terdapat hubungan langsung antara supervisi akademik kepala sekolah dan kinerja guru SMP Se Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Terdapat hubungan langsung antara konsep diri dan kinerja guru SMP Se Kabupaten Hulu Sungai Selatan.Terdapat hubungan langsung antara supervisi akademik kepala sekolah dan etos kerja guru SMP Se Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Terdapat hubungan langsung antara konsep diri dan etos kerja guru SMP Se Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Terdapat hubungan langsung antara etos kerja dengan kinerja guru SMP Se Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Terdapat hubungan tidak langsung supervisi akademik kepala sekolah dan etos kerja guru dengan kinerja guru SMP Se Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Terdapat hubungan tidak langsung konsep diri dan etos kerja guru dengan kinerja guru SMP Se Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Saran penelitian bahwa dengan meningkatkan etos kerja yang baik akan dapat membuat guru lebih memiliki semangat dalam melaksanakan pekerja yang akan dijalankannya dengan baik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI