DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KEUNTUNGAN PEDAGANG IKAN SEGAR PASAR KALINDO KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:ALYA NURMADINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-25


Alya Nurmadina (2022). Analisis Keuntungan Pedagang Ikan Segar Di Pasar Kalindo Kota Banjarmasin. Pembimbing. Dra. Eny Fahrati, M.P.

            Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keuntungan pedagang ikan di pasar Kalindo Banjarmasin. Penelitian berlokasi di Pasar Kalindo Banjarmasin dengan jumlah populasi dan sampel sebanyak  31 pedagang. Menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data primer dengan menggunakan metode pengambilan data berupa kuisioner dan wawamcara. Variabelnya meliputi keuntungan (Y), modal kerja (X1), jam kerja (X2), tenaga kerja (X3), dan jenis dagangan (X4). Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda (OLS) dengan taraf signifikasi 5% (0,05).

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel modal kerja, jam kerja, tenaga kerja, dan jenis dagangan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keuntungan pedagang ikan pasar Kalindo. Secara parsial variabel yang berpengaruh signifikan terhadap keuntungan pedagang ikan pasar Kalindo antara lain adalah modal kerja dengan nilai koefisien sebesar 0,070, jam kerja dengan nilai koefisien sebesar 1.071.331, dan tenaga kerja dengan nilai koefisien sebesar 1.497.647. Dan model signifikan dengan nilai koefisien determinasi 0,703690 yang berarti model ini dapat menjelaskan 70% sisanya dijelaskan oleh variabel lain.

Kata Kunci: Keuntungan; Pedagang; Kota Banjarmasin

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI