DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS SISTEM PEMUNGUTAN BEA MASUK DAN PAJAK DALAM RANGKA IMPOR TERHADAP IMPOR BARANG KIRIMAN PADA WILAYAH KERJA KPPBC TIPE MADYA PABEAN B BANJARMASIN
PENGARANG:KATHERINE GLORIANA SELVIA TJITRADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-25


ABSTRAK

Katherine Gloriana Selvia Tjitradi (2022), Analisis Sistem Pemungutan Bea Masuk dan Pajak Dalam Rangka Impor Terhadap Impor Barang Kiriman Pada Wilayah Kerja KPPBC Tipe Madya Pabean B Banjarmasin.
Pembimbing: Saprudin

Sistem pemungutan bea masuk dan pajak dalam rangka  impor pada impor barang kiriman memakai sistem Official Assessment, dimana Pejabat Bea dan Cukai yang melakukan perhitungan dan pemungutan atas barang kiriman. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis sistem pemungutan bea masuk dan pajak dalam rangka impor terhadap impor barang kirimanpada wilayah kerja KPPBC Tipe Madya Pabean B Banjarmasin.

Jenis penelitian pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa sistem pemungutan bea masuk dan pajak dalam rangka impor yang dilakukan oleh petugas bea dan cukai yang menangani impor barang kiriman pada wilayah kerja KPPBC Tipe Madya Pabean B Banjarmasin yaitu kantor MPC Pos Banjarmasin masih belummemadai.Melihat permasalahan-permasalahan yang ada, yaitu  masih ditemukan permasalahan pemilik barang tidak merespon atau tidak memenuhi Nota Permintaan Data (NPD) yang diterbitkan seperti yang sudah disampaikan oleh petugas bea dan cukai dengan tujuan untuk menghindari pengenaan pajak bea masuk dan pajak dalam rangka impor, ditemukan beberapa barang kiriman yang tidak disertai invoice didalam paket barang kiriman dan nilai yang diberitahukan dalam Consigment Note (CN) tidak sesuai dengan nilai barang yang sebenarnya, sebagian masyarakat belum mengetahui aturan terbaru mengenai batas pembebasan bea masuk dan pajak atas barang kiriman, ditemukan beberapa kali kejadian sistem komputer pelayanan untuk menangani barang kiriman down dan tidak dapat digunakan serta adanya perbedaan jam kerja antara petugas pos dengan pejabat bea dan cukai, berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pengendalian internal pada sistem pemungutan bea masuk dan pajak dalam rangka impor terhadap barang kiriman masih belum berjalan secara efektif dan efisien.

Kata Kunci: Sistem Pemungutan, Bea Masuk & PDRI, Barang Kiriman

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI