DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN ENERGI PROJECT BASED LEARNING, PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS IV DAN MEDIA SDN SUNGAI MIAI 4 KANTONG PINTAR PADA BANJARMASIN
PENGARANG:Saidah Zainab
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-25


ABSTRAK  Zainab, Saidah. 2022. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Materi Perubahan Energi Dengan Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Project Based Learning, Picture And Picture Dan Media Kantong Pintar Pada Siswa Kelas IV SDN Sungai Miai 4 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Tika Puspita Widya Rini, M.Pd. Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Project Based Learning, Picture and Picture, Media Kantong Pintar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN Sungai Miai 4 Banjarmasin yang disebabkan oleh kurangnya interaksi antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran, siswa kurang percaya diri dalam bertanya dan mengungkapkan pendapatnya secara maksimal, rasa ingin tau siswa masih rendah, dan rendahnya pemahaman dalam penguasaan siswa terhadap materi pelajaran IPA khususnya di kelas IV. Selain itu, penggunaan media dan pemberian materi yang hanya terfokus pada buku teks membuat siswa belum memahami materi pembelajaran karna kemampuan berfikir dan keterampilan siswa rendah,  maka dari itu diperlukan solusi yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa agar tidak hanya terlibat secara individu tapi juga secara kelompok dapat melatih kerja sama antar siswa dan membangkitkan semangat belajarnya yaitu dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Project Based  Based Learning, Picture And Picture, dan media kantong pintar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa dan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek dari penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Sungai Miai 4 tahun pelajaran 2021/2022, jumlah siswa sebanyak 22 orang. Aktivitas guru dan siswa diperoleh melalui lembar observasi. Hasil belajar siswa diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dijabarkan dengan tabel, grafik, dan interpretasi dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mendapat skor 24, pertemuan II mendapat skor 28, pertemuan III mendapat skor 29, dan pertemuan IV mendapat skor 32. Aktivitas siswa pada pertemuan I memperoleh presentase 59,09%, pertemuan II memperoleh presentase 68,18%, pertemuan III memperoleh presentase 81,81% dan IV memperoleh presentase 90,90%. Hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 68,18%, pertemuan II mencapai 72,72%, pertemuan III mencapai 81,81% dan pada pertemuan IV mencapai 100.00% secara klasikal.   Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning, Picture and Picture, Media Kantong Pintar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut merupakan salah satu alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI