DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION, NUMBERED HEAD TOGETHER, DAN WORD SQUARE PADA SISWA KELAS IV SDN ALALAK UTARA 2 BANJARMASIN
PENGARANG:AMALIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-25


ABSTRAK

Amaliyah. 2022. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Materi Energi dan Perubahannya Dengan Menggunakan Kombinasi Model Group Investigation, Numbered Head Together, Dan Word Square Pada Siswa Kelas IV SDN Alalak Utara 2 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Tika Puspita Widya Rini, M.Pd. 

Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Group Investigation, Numbered Head Together, Word Square

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas siswa dan rendahnya hasil belajar siswa. Penyebabnya adalah siswa kurang terlibat dalam pembelajaran, kurangnya interaksi antarsiswa, pembelajaran monoton, dan siswa kurang memahami materi pembelajaran pada kelas IV SDN Alalak Utara 2 Banjarmasin. Melalui Model Group Investigation, Numbered Head Together, dan Word Square merupakan salah satu solusi terbaik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis hasil belajar siswa, aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek dari penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Alalak Utara 2 Banjarmasin tahun pelajaran 2021/2022, jumlah siswa sebanyak 21 orang. Aktivitas guru dan siswa diperoleh melalui lembar observasi. Hasil belajar siswa diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dijabarkan dengan tabel, grafik, dan interpretasi dengan persentase. 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mendapat skor 20, pertemuan II mendapat skor 21, pertemuan III mendapat skor 24, dan pertemuan IV mendapat skor 28. Aktivitas siswa pada pertemuan I memperoleh persentase 57%, pertemuan II memperoleh persentase 76%, pertemuan III memperoleh persentase 86%, dan pertemuan IV memperoleh persentase 100%. Hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 52%, pertemuan II mencapai 67%, pertemuan III mencapai 86%, dan pada pertemuan IV mencapai 100% (klasikal). 

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Model Group Investigation, Numbered Head Together, dan Word Square dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut merupakan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI