DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pemanfaatan Waktu Luang Di Luar Jam Sekolah Pada Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Di Kabupaten Hulu Sungai Tengah
PENGARANG:GITA MIATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-25


ABSTRAK

 

Gita Miati, NIM 1810122320058, 2022 “Pemanfaatan Waktu Luang Di Luar

Jam Sekolah Pada Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Di Kabupaten Hulu Sungai Tengah”. Skripsi Program Studi Pendidikan Jasmani. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat . Pembimbing (1) Dr. Rahmadi, S.Pd.,M.Pd, Pembimbing : (II) Dr.H. Syamsul Arifin, M.Pd.

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah meningkatnya budaya

kurang gerak pada peserta didik Sekolah Menengah Pertama Negeri serta masalah pengisian waktu luang kegiatan mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kegiatan peserta didik yang dilakukan diluar jam sekolah (2) Tingkat kegiatan aktifitas gerak peserta didik diluar jam sekolah ( 3) kegiatan peserta didik diluar jam sekolah (4) keinginan peserta didik tingkat SMPN Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif Kuntitatif, Pengumpulan data penelitian ini  dengan cara menyebarkan angket kepada peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri ( SMPN ). Jenis penelitian ini adalah survey menggunakan metode ex-pose facto. Pengambilan sampel didikdengan teknik sampling porposive. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 7,8,9 di 14 Sekolah Menengah Pertama Negeri yang berada di kabupaten Hulu Sungai Tengah yang berjumlah  867 peserta didik berdasarkan situasi dan kondisi yang berlangsung selama penelitian, keterbatasan perangkat android yang dimiliki peserta didik, jarak penelitian, durasi penelitian dan menyesuaikan jadwal sekolah tempat yang di teliti.

Hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan : bahwa tingkat aktifitas fisik berada pada kategori pada kategori sedang. Dengan jenis kegiatan yang dilakukan yaitu ; 1) kegiatan Santai / Relaxtation Activity seperti merapikan kamar dan pakaian, membersihkan rumah, mencuci piring dan baju. 2) kegiatan Hiburan / Entertaiment Activity seperti bermain free fire, Mobile Legend dan membaca buku pelajaran. 3) kegiatan perkembangan diri / Personal Development adapun kegiatan yang di ikuti adalah pramuka dan ekstrakurikuler olahraga.

 

 

Kata kunci: Waktu Luang, Aktivitas Fisik, Peserta Didik

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI