DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN USAHATANI SAWI (Brassica Juncea L) DI KELURAHAN LANDASAN ULIN UTARA KECAMATAN LIANGANGGANG KOTA BANJARBARU
PENGARANG:VASELLA BERONAPUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-25


Penelitian yang dilakukan agar dapat memahami unsur yang terdapat pada pendapatan usahatani sawi yang terdiri dari sebagian unsur yakni luas lahan, jumlah produksi, dan harga sawi dengan cara parsial dan simultan, sehingga memakai analisis regresi linier bergand dan menggunakan uji asumsi klasik serta tes hipotesis. Lokasi penelitian berada di Kelurahan Landasan Uin Utara dengan responden sebanyak 80 petani dimana pemilihan sample memakai teknik Simple Random Sampling.

Pada hasil penelitian untuk variable luas lahan mempunyai pengaruh positif serta tidak signifikan pada penghasilan usahatani sawi di Kelurahan Landasan Ulin Utara. Sedangkan jumlah produksi serta harga sawi positif dan signifikan terhadap penghasilan usahatani tanaman sawi di Landasan Ulin Utara. Didapatkan hasil koefisein determinasi (R2) sebesar 0.9765 dimana pergantian naik turunnya pendapatan (Y) dijelaskan dari luas lahan (X1), jumlah produksi (X2), dan harga sawi (X3) sebanyak 97,65% sementara sisanya 2,35% dijelaskan selain variable yang tidak ada pada penelitian tersebut.

Kata Kunci: Luas Lahan Sawi, Jumlah Produksi Sawi, Harga Sawi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI