DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KAJIAN KEANEKARAGAMAN JENIS POHON DI TEPIAN SUNGAI TANIPAH SEBAGAI BAHAN AJAR BERBENTUK E-BOOKLET PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMA
PENGARANG:MUHAMMAD YUSUF
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-25


ABSTRAK

Keragaman vegetasi memiliki berbagai macam kelompok, baik herba, perdu dan semak, serta pohon yang tumbuh di berbagai habitat. Pohon berperan penting baik untuk manusia, hewan maupun lingkungan sekitar. Keberadaan pohon juga berperan dalam kelestarian sungai terutama dari aberasi.Tepian Sungai Tanipah adalah kawasan di Desa Tanipah yang di dalamnya terdapat berbagai macam tumbuhan seperti pohon. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan keanekaragaman jenis pohon di tepian Sungai Tanipah, (2) Mendeskripsikan uji validitas E-Booklet yang dikembangkan tentang keanekaragaman jenis pohon di tepian Sungai Tanipah sebagai bahan aja berbentuk E-Booklet, dan (3) Mendeskripsikan uji keterbacaan E-Booklet yang dikembangkan tentang keanekaragaman jenis pohon di tepian Sungai Tanipah sebagai bahan ajar berbentuk E-Booklet pada konsep Keanekaragaman Hayati di SMA. Metode penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R and D) dengan mengacu pada model pengembangan Borg and Gall(1989), sampai tahap 5 yaitu; research and Information collecting, planning, develop preliminary form of product, preliminary field testing, andmain product revision. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan 19 spesies pohon, yaitu Gelam (Melaleuca cajuputi), Mangga (Mangifera indica L.), Kelapa (Cocos nuciferaL.)Jambu Biji (Psidium guajava), Ketapang (Terminalia catappa L.), Kelor (Moringa oleifera), Jambu Agung (Syzygium malccense), Duwet (Syzygium cumini), Rengas (Gluta rengas L.), Karet (Hevea brasiliensis), Waru Bunga Kuning (Hibiscus tiliaceae), Akasia Daun Lebar (Acacia mangium), Kecapi (Sandroricum koetjape), Brunai (Antidesma venosum), Sirsak (Annona muricata L.), Beringin (Ficus benjamina L.), Kapuk Randu (Ceiba Pentandra), Kuweni (Mangifera odorata) dan Kayu bulan (Fagraea crenulata). Hasil pengembangan E-Bookletberdasarkan validitasnya adalah 87,78% tergolong sangat valid dan kerterbacaan peserta didik adalah 93,06% tergolong sangat baik, sehingga dapat disimpulkan bahwaE-Booklet yang di susun sudah dapat digunakan pada pembelajaran Biologi pada konsep Keanekaragaman Hayati.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI