DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING ORGANIZING REFLECTING EXTENDING DAN MIND MAPPING MUATAN PPKN PADA SISWA KELAS V SDN PELAMBUAN 2
PENGARANG:HAFIFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-26


ABSTRAK

Hafifah. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending dan Mind Mapping Muatan PPKn Pada Siswa Kelas V SDN Pelambuan 2. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Faqihatuddiniyah, M.Pd.

Kata kunci:, Hasil Belajar, Connecting Organizing Reflecting Extending, Mind Mapping. 

Permasalahan yang terjadi di SDN Pelambuan 2 adalah rendahnya hasil belajar siswa pada muatan PPKn, hal ini disebabkan pembelajaran yang dilakukan masih konvensional dan terjadi satu arah (teacher centered). Untuk mengatasi hal tersebut maka perlu dilakukan peningkatan hasil belajar menggunakan kombinasi model Connecting Organizing Reflecting Extending dan Mind Mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, serta menganalisis hasil belajar siswa pada muatan PPKn kelas V SDN Pelambuan 2Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jenis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa aktivitas guru dan aktivitas siswa, sedangkan data kuantitatif berupa hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas V A semester genap SDN Pelambuan 2 tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa sebanyak 20 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil observasi aktivitas guru dan siswa, serta tes tertulis secara individu. 

Hasil penelitian disimpulkan bahwa aktivitas guru telah berhasil mengalami peningkatan dengan kriteria sangat baik, untuk aktivitas siswa secara klasikal sudah berhasil dan tergolong ke dalam seluruh siswa sangat aktif, serta hasil belajar siswa secara klasikal juga telah mengalami peningkatan dengan kriteria tuntas.

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru-guru di sekolah dasar dapat menggunakan kombinasi model Connecting Organizing Reflecting Extending dan Mind Mapping sebagai upaya memperbaiki proses pembelajaran dan peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI