DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pemanfaatan Waktu Luang Di Luar Jam Sekolah Pada Peserta Didik Sekolah Menengah pertama Negeri di Kota Banjarbaru
PENGARANG:Rabiatul Mi'rati
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-26


RABIATUL MI’RATI, NIM.1810122320070, 2022. “Pemanfaatan Waktu Luang

Di Luar Jam Sekolah Pada Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Negeri Kota Banjarbaru”. Skripsi Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Dr. Rahmadi, S.Pd., M.Pd. pembimbing (II) Dr.

H. Syamsul Arifin, M. Pd.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan waktu luang di luar jam sekolah pada peserta didik Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Banjarbaru.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian desktiptif kuantitatif, dimana data yang ada pada penelitian ini diambil dengan cara menyebarkan angket kepada peserta didik di tingkat Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN). Dengan teknik pengumpulan data menggunakan link google form. Metode pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas 7, 8, 9, Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Banjarbaru yang berjumlah 14 sekolah dengan objek pemanfaatan waktu luang pada peserta didik. Kriteria dalam penentuan sample dalam penelitian ini adalah yang mengisi angket sejumlah 2.961 peserta didik karena mempertimbangkan situari dan kondisi saat penelitian berlangsung, keterbatasan android, dan menyesuaikan jadwal di sekolah tempat penelitian.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pemanfaatan waktu luang pada peserta didik sekolah menengah pertama negeri di luar jam sekolah kegiatan yang dilakukan yaitu: 1) Kegiatan Relaksasi/Relaxation Activity seperti membersihkan rumah, 2) Kegiatan Hiburan/Entertainment Activity seperti bermain game Mobile Legend, 3) Kegiatan Pengembangan Diri/Development Activity seperti membantu orang tua. Dan untuk tingkat aktifitas fisiknya berada pada tingkat sedang. Keinginan dalam minat dan bakat olahraga prestasi pada peserta didik di Kota Banjarbaru masih kurang.

Kata Kunci: Pemanfaatan Waktu Luang, Di Luar Jam Sekolah, Peserta Didik

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI