DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Jumlah Penduduk, Pengangguran, Pengeluaran Perkapita, Indeks Pembangunan Manusia dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Tingkat Kemiskinan (Studi Kasus 3 Kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan)
PENGARANG:REKHA NANDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-26


 

Rekha Nanda, (2020). Pengaruh Jumlah Penduduk, Pengangguran, Pengeluaran Perkapita, Indeks Pembangunan Manusia Dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Tingkat Kemiskinan (Studi Kasus 3 Kabupaten Di Provinsi Kalimantan Selatan). Pembimbing: Dra. Eny Fahrati, MP.

Penelitian ini dilakukan guna mengetahui, pengaruh jumlah penduduk, pengangguran, pengeluaran perkapita, Indeks Pembangunan Manusia, dan Pertumbuhan Ekonomi terhadap tingkat kemiskinan di Kabupaten Banjar, Kabupaten Tapin dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif dengan data sekunder dalam bentuk data panel yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Selatan dan metode yang digunakan yaitu menggunakan metode regresi data panel.

Hasil penelitian menunjukkan variabel jumlah penduduk, pengangguran terbuka, setengah pengangguran, pengeluaran perkapita, indeks pembangunan manusia dan pertumbuhan ekonomi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap tingkat kemiskinan di Kabupaten Banjar, Kabupaten Tapin dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Sedangkan secara parsial jumlah penduduk berpengaruh negatif dan signifikan, pengangguran terbuka berpengaruh negatif dan tidak signifikan, setengah pengangguran berpengaruh positif dan signifikan, pengeluaran perkapita berpengaruh positif dan signifikan, indeks pembangunan manusia berpengaruh positif dan signifikan, dan partumbuhan ekonomi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap tingkat kemiskinan di Kabupaten Banjar, Kabupaten Tapin dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah.


Kata Kunci: Jumlah Penduduk, Pengangguran Terbuka, Setengah Pengangguran, Pengeluaran Perkapita, Indeks Pembangunan Manusia, Pertumbuhan Ekonomi, Tingkat Kemiskinan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI