DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS STEM PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK
PENGARANG:Nurannisa Fatona Sartimulya Hasanah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-26


Literasi sains merupakan salah satu keterampilan yang dibutuhkan di abad 21, namun belum terdapat perangkat pembelajaran yang mendukung peningkatan literasi sains menyebabkan kemampuan literasi sains peserta didik menjadi rendah. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran kooperatif berbasis STEM pada materi gelombang mekanik yang layak untuk meningkatkan literasi sains peserta didik. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP, materi ajar, LKPD dan LP literasi sains. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE dan menggunakan desain uji coba one group pre-test and post-test pada 27 peserta didik kelas XI IPA 3 SMAN 3 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen validasi, lembar pengamatan keterlaksanaan RPP dan LP literasi sains. Hasil penelitian menunjukkan: (1) perangkat pembelajaran kooperatif berbasis STEM termasuk valid, karena RPP, materi ajar, LKPD dan LP literasi sains dalam kriteria valid; (2) perangkat pembelajaran kooperatif berbasis STEM termasuk praktis, karena keterlaksanaan pembelajaran dalam kriteria praktis; (3) perangkat pembelajaran kooperatif berbasis STEM termasuk efektif, karena nilai N-Gain literasi sains sebesar 0,53 yang menunjukan peningkatan dalam kriteria sedang. Dengan demikian perangkat pembelajaran kooperatif berbasis STEM yang dikembangkan layak untuk meningkatkan literasi sains peserta didik.

 

Kata kunci: Gelombang mekanik, literasi sains, pembelajaran kooperatif, STEM

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI