DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI MUATAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KASTURI PADA SISWA KELAS IV SDN HANDIL BAKTI
PENGARANG:M. SYARIF AKBAR ARRIDHO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-26


Arridho, M. Syarif Akbar (2022) Meningkatkan Aktivitas dan Keterampilan Komunikasi Dan Muatan IPA Menggunakan Model KASTURI Pada Siswa Kelas IV SDN Handil Bakti”. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing Akhmad Riandy Agusta, M.Pd.

 

Kata Kunci : Aktivitas Siswa, Keterampilan Komunikasi, Hasil Belajar, KASTURI

 

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas siswa, keterampilan komunikasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Hal tersebut disebabakan pembelajaran masih bersifat monoton, model pembelajaran tidak bervariasi dan tidak menarik, pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher center) serta siswa masih sulit memahami konsep materi. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran KASTURI dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan komunikasi dan peningkatan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Handil Bakti, Kabupaten Barito Kuala yang berjumlah 25 orang siswa terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan, pada semester II tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan keterampilan komunikasi siswa, kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan komunikasi dan hasil belajar dari pertemuan I – IV mengalami peningkatan secara bertahap disetiap pertemuannya.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model KASTURIdapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan komunikasi dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI