DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION , TEAMS GAMES TOURNAMENT, DAN SNOWBALL TROWINGS PADA KELAS IV DI UPTD SDN 1 ANGSAU KOTA PELAIHARI KABUPATEN TANAH LAUT
PENGARANG:FEBRIANA DWI SHINTA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-26


ABSTRAK

Dwi Shinta, F. (2022).Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Bangun Datar Menggunakan Model Auditory Intellectually Repetition , Teams Games Tournament, Dan Snowball Trowings PadaKelas IV Di UPTD SDN 1 Angsau Kota Pelaihari Kabupaten Tanah Laut. Skripsi  Program  S1  Pendidikan  Guru  Sekolah  Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Amberansyah, S.Pd, M.Pd

 

Kata Kunci : Hasil Belajar, Matematika, Keliling dan Luas Bangun Datar, Auditory Intellectually Repetition, Teams Games Tournament,Snowball Throwings

 

Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa materi keliling dan luas bangun datar. Penyebab rendanya hasil belajar siswa tersebut disebabkan kurangnya minat belajar siswa, kurangnya keaktifan siswa saat proses pembelajaran berlangsung, dan tidak adanya penggunaan model/media pembelajaran yang bervariasi. Oleh sebab itu dilakukan tindakan kelas dengan menerapkan kombinasi model Auditory Intellectually Repetition (AIR) Teams Games Tournament dan Time Token dengan tujuan melihat aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa materi keliling dan luas bangun datar pada siswa kelas IV di UPTD SDN 1 Angsau Kota Pelaihari Kabupaten Tanah Laut.

Pendekatan penelitian ialah pendekatan kualitatif, Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 4 Pertemuan, dilaksanakan di kelas IV UPTD SDN 1 Angsau Kota Pelaihari Kabupaten Tanah Laut yang berjumlah 22 orang siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Analisis data berupa analisis deskriptif. Indikator keberhasilan Aktivitas siswa skor 17-20 serta hasil belajar individu semua siswa dengan ≥65 KKM dengan klasikal ≥78%. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada materi keliling dan luas bangun datar. Aktivitas guru pada pertemuan 1, 2 dan 3 memperoleh skor 26, 29, 29 dengan kriteria baik, dan pada pertemuan 4 memperoleh skor 34 dengan kriteria pencapaian sangat baik. Aktivitas siswa mengalami peningkatan klasikal pada pertemuan 1 mencapai 59% dengan kriteria aktif, pertemuan 2 mencapai 68% dengan kriteria aktif, pertemuan 3 mencapai 77% dengan kriteria aktif dan pada pertemuan 4 mencapai 82% dengan kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai 50%, pertemuan 2 mencapai 77%, pertemuan 3 mencapai 81% dan pada pertemuan 4 mencapai 81%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan dengan menggunakan kombinasi model Auditory Intellectually Repetition (AIR), Teams Games Tournament dan Snowball Throwings dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV UPTD SDN 1 ANGSAU Kota Pelaihari Kabupaten Tanah Laut.

Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini disarankan kepada guru untuk menggunakan model ini sebagai salah satu alternatif untuk meningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi keliling dan luas bangun datar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI