DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID MATERI VEKTOR BERMUATAN AUTHENTIC LEARNING MENGGUNAKAN METODE TBLA
PENGARANG:Aprilia kharimatul afifa
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-27


Dari hasil wawancara di SMAN 1 Banjarmasin diperoleh informasi bahwa pada peserta didik kelas X terutama pada materi vektor belum pernah dilakukan analisis pembelajaran. Oleh karena itu perlu dilakukan analisis pembelajaran berbasis aplikasi android materi vektor bermuatan authentic learning melalui TBLA. Tujuan penelitian ini ialah menganalisis keterlibatan peserta didik dan penggunaan kata kunci selama proses pembelajaran menggunakan aplikasi android pada materi vektor melalui TBLA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini yaitu peserta didik kelas X tahun ajaran 2021/2022 dari SMAN 1 Banjarmasin dan guru mata pelajaran fisika. Tahapan pengumpulan data menggunakan pola lesson study, yakni plan (Merencanakan), do (Melakukan), dan see (Menganalisis). Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran yang dilakukan selama siklus ke-1 masih didominasi oleh guru atau teacher centered. Secara keseluruhan pembelajaran siklus 1 berlangsung dengan interaktif. Adapun penggunaan kata kunci selama pembelajaran pertemuan pertama paling banyak diucapkan yaitu “vektor” sebanyak 23 kali dari index ke-1 sampai ke-148.Pembelajaran yang dilakukan selama siklus ke-2 masih didominasi oleh guru atau teacher centered. Adapunkata kunci yang paling diucapkan pada siklus ke-2 yaitu “apit” diucapkan sebanyak 43 kali dari index ke-1 sampai ke-409. Dengan demikian pembelajaran yang dilakukan masih bersifat teacher centered, sehingga berdasarkan hasil analisis ini direkomendasikan perencanaan pembelajaran yang selanjutnya dapat lebih bersifat student centered.

Kata Kunci: TBLA, Teacher centered, vektor

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI