DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI KOMBINASI MODEL PICTURE AND PICTURE DENGAN METODE BERCERITA DAN MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA ASPEK BAHASA DALAM MEMAHAMI CERITA YANG DIBACAKAN PADA ANAK KELOMPOK A PAUD TERPADU INSAN KAMIL BANJARMASIN
PENGARANG:Nadya
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-27


ABSTRAK

Nadya 2022“ Implementasi Kombinasi Model Picture and Picture Dengan Metode Bercerita dan Media Kartu Bergambar Dalam Memahami Cerita Yang Dibacakan Pada Anak Kelompok A PAUD Terpadu Insan Kamil Banjarmasin “ Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Drs. Mahmuddin, M.Pd.

 

Kata Kunci:Perkembangan bahasa anak, metode bercerita.

 

Bahasa anak berkembang dari yang mudah menuju yang rumit. Perkembangan bahasa anak merupakan perpaduan antara interaksi sosial, perkembangan emosi, kemampuan intelektual, dan perkembangan fisik maupun motoriknya. Pendidikan awal memiliki peran yang penting dalam mengembangkan potensi anak. Guru harus menggunakan metode yang sesuai dengan pola belajar anak. Setiap anak memiliki kebutuhan dan pola belajar efektifnya masing-masing. Kebutuhan dan pola belajar anak merupakan sebuah prioritas yang harus terpenuhi dengan optimal. Oleh karena itu, guru harus dapat memilah metode apa yang efektif untuk mengembangkan bahasa pada anak.

 

Makalah ini membahas tentang perkembangan bahasa pada anak usia dini dengan metode bercerita. Penelitian ini mengungkapkan penerapan model pembelajaran picture and picture dengan menetapkan pokok masalah yang menjadi fokus kajian, yaitu menceritakan kembali cerita yang dibacakan oleh guru. Dengan demikian, tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan anak dalam berbicara dengan menggunakan media gambar di Kelompok A PAUD Terpadu Insan Kamil Banjarmasin Pelaksanaan penelitian menggunakan.Jenis penelitian yang digunakan, yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang didesain melalui tiga pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A PAUD Terpadu Insan Kamil Banjarmasin.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata keaktifan pada keterampilan anak menceritakan kembali cerita yang dibacakan oleh guru  meningkat pada setiap pertemuannya. Pada pertemuan I yang skornya 21%, meningkat pada pertemuan II yang skornya 86%, dan semakin meningkat lagi pada pertemuan III yang skornya 93%.

 

Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa model kombinasi picture and picture dan metode bercerita dan media kartu bergambar dalam mengembangkan aspek bahasa dalam menceritakan kembali cerita yang dibacakan pada anak kelompok A PAUD Terpadu Insan Kamil Banjarmasin dapat berkembang secara optimal dan hipotesis dapat diterima. Saran bagi guru dan kepala sekolah serta peneliti lain adalah sebagai alternatif masukan yang dapat menjadi bahan acuan dalam pengembangan aspek bahasa

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI