DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN ASPEK KOGNITIF DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN DAN LAMBANG BILANGAN MENGGUNAKAN MODEL PETIS (PicturE and picture, explicit instrucTIon, dan talking Stick) PADA ANAK KELOMPOK A PAUD TERPADU INSAN KAMIL BANJARMASIN
PENGARANG:Amaliah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-27


ABSTRAK

 

Amaliah. 2022. Mengembangkan Motivasi, Aktivitas dan Aspek Kognitif Dalam Mengenal Konsep Bilangan dan Lambang Bilangan Menggunakan Model PETIS (PicturE and picture, explicit instrucTIon, dan talking Stck) Kelompok A PAUD Terpadu Insan Kamil Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Ibu Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D. Kata Kunci: Kognitif, Mengenal Konsep Bilangan dan Lambang Bilangan, PicturE and picture, explicit instrucTIon, dan talking Stck.         

      Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil perkembangan kognitif anak pada kelompok A dalam mengenal konsep bilangan dan lambang bilangan. Hal ini disebabkan pembelajaran yang dilakukan hanya satu arah, pembelajaran kurang menarik dan masih bersifat abstrak dan dampaknya perkembangan kognitif anak tidak akan berkembang optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan motivasi anak, aktivitas anak, aktivitas guru dan hasil perkembangan kognitif anak.         

       Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas), dilakukan dalam 3 kali pertemuan, setting penelitian pada anak-anak (10 laki-laki dan 4 perempuan). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara serta penilaian aspek perkembangan kognitif. Indikator keberhasilan aktivitas guru dikatakan berhasil apabila mencapai kriteria baik dan sangat baik. Aktivitas anak rata-rata kelas dengan persentase 100% katagori sangat aktif dan hasil perkembangan minimal 80% dan mencapai nilai bintang 3 dan 4.            

      Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas guru pertemuan ke-1 dengan skor 20 dengan kategori “Baik”, pertemuan ke-2 dengan skor 24 dengan kategori “Sangat Baik” dan petemuan ke-3 dengan skor 27 dengan kategori “Sangat Baik”. (2) Motivasi Anak pertemuan ke-1 dengan 60% kategori “Cukup Termotivasi”, pertemuan ke-2 dengan 72% kategori “Termotivasi” dan pertemuan ke-3 dengan 82% kategori “Sangat Termotivasi”. (3) Aktivitas Anak pertemuan ke-1 dengan 62% kategori “Cukup Aktif”, pertemuan ke-2 dengan 79% kategori “Aktif” dan pertemuan ke-3 dengan 86% kategori “Sangat Aktif”. (4) Hasil Perkembangan Kognitif pada pertemuan terakhir mencapai 100% anak yang berhasil dengan mendapatkan 14% (BSH) dan 86% (BSB).  

       Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kombinasi model PETIS (PicturE and picture, explicit instrucTIon, dan talking Stck) dapat meningkatkan motivasi, aktivitas, dan hasil perkembangan anak dengan sangat baik dan sangat aktif. Disarankan bagi kepala sekolah, guru dan peneliti selanjutnya dapat menjadi bahan masukan informasi untuk memperbaiki pembelajaran pada anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI