DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRUKTUR WACANA IKLAN “SEISAPIKU” PADA POSTINGAN AKUN INSTAGRAM
PENGARANG:Muhammad Ferry Fitriadi
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-28


ABSTRAK

Fitriadi, Muhammad Ferry. 2022. Struktur Wacana Iklan “Seisapiku” pada Postingan Akun Instagram. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. FKIP. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Noor Cahaya, M.Pd.; (II) Lita Luthfiyanti, M.Pd.

Kata kunci: struktur wacana, wacana iklan, iklan, instagram

Struktur wacana iklan ada terbagi menjadi tiga bagian, yaitu superstruktur, struktur mikro, dan struktur makro. Superstruktur merupakan kerangka dari iklan, yang meliputi bagian headline, illustration, body copy, dan signature line. Struktur mikro merupakan penjelasan dari iklan yang terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu unsur verbal, non-verbal, semantik, skematik, sintaksis, dan retorik. Struktur makro merupakan penjelasan tentang maksud dari sebuah iklan yang terbagi menjadi dua bagian, yaitu makna iklan dan pesan iklan. Masalah yang terdapat dalam penelitian ini adalah struktur wacana iklan pada postingan akun Instagram “Seisapiku”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur wacana iklan “Seisapiku” pada postingan akun Instagram berdasarkan superstruktur, struktur mikro, dan struktur makro dari teori Teun A. Van Dijk.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data penelitian ini berupa kata-kata, frasa, klausa, atau kalimat yang termasuk dalam struktur wacana iklan “Seisapiku” pada postingan akun Instagram. Sumber data penelitian ini berupa iklan dari “Seisapiku” yang berjumlah 15 iklan yang dikirim dari bulan Agustus sampai November 2021. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dengan melakukan foto layar (screenshot).

Hasil dari penelitian struktur wacana iklan “Seisapiku” pada postingan akun Instagram menunjukkan bahwa dari lima belas iklan yang dipilih semuanya mempunyai superstruktur yang meliputi, headline, illustration, body copy, dan signature line. Struktur mikro yang meliputi unsur verbal, non-verbal, semantik, skematik, sintaksis, dan retorik. Struktur makro yang meliputi makna iklan dan pesan iklan. Pada bagian struktur mikro tentang unsur sintaksis ditemukan perbedaan bahwa ada empat buah iklan yang menggunakan satu bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan ada sebelas buah iklan yang menggunakan dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Pembahasan superstruktur, struktur mikro, dan struktur makro dapat diketahui berdasarkan struktur yang terdapat pada masing-masing iklan dari lima belas iklan yang diteliti.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI