DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK IMPULS DAN MOMENTUM LINEAR BERMUATAN PERMAINAN TRADISIONAL KALSEL UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH
PENGARANG:Adindha Maidiana Ariyanti
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-28


Keterampilan pemecahan masalah peserta didik yang rendah serta kurangnya kemampuan peserta didik dalam mengaplikasikan konsep fisika yang telah dipelajari ke dalam kehidupan nyata sehari-hari mendorong peneliti untuk mengembangkan bahan ajar elektronik bermuatan permainan tradisional Kalsel. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar elektronik yang valid, praktis dan efektif sehingga layak untuk digunakan dalam melatihkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE dan tujuan diujicobakan pada 26 peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 6 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen validasi bahan ajar elektronik, keterlaksanaan RPP, dan tes hasil belajar kognitif peserta didik. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bahan ajar elektronik memperoleh kategori valid, begitu juga dengan RPP, LKPD dan THB, (2) bahan ajar elektronik termasuk praktis karena keterlaksanaan RPP memenuhi kategori praktis; dan (3) bahan ajar elektronik yang dikembangkan juga termasuk efektif karena n-gain THB sebesar 0,78 berkategori tinggi. Dengan demikian, bahan ajar elektronik impuls dan momentum bermuatan permainana traidisional yang dikembangkan adalah layak untuk melatihkan keterampilan pemecahan peserta didik dalam pembelajaran fisika.

Kata Kunci: Bahan ajar elektronik, impuls dan momentum linear, keterampilan pemecahan masalah

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI