DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BALOGO DI SDN SUNGAI JINGAH 7 BANJARMASIN
PENGARANG:SANDIRA HERMILLENIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-29


ABSTRAK

 

Hermillenia, Sandira. 2022. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Menggunakan Model Pembelajaran BALOGO Di SDN Sungai Jingah 7 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Ari Hidayat, M.Pd.

Kata Kunci: Berpikir Kritis, Hasil Belajar, IPS, Model BALOGO

 

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keaktifan siswa kelas IV SDN Sungai Jingah 7 Banjarmasin terhadap mata pelajaran IPS yang berpengaruh pada hasil belajarnya. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya pengembangan berppikir kritis siswa, pembelajaran yang masih satu arah dimana siswa tidak ikut terlibat dalam proses pembelajaran,kurangnya kemampuan dalam memecahlan sebuah masalah,dan penggunaan model pembelajaran yang masih kurang efektif. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan ini yaitu dengan menggunakan model BALOGO.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model BALOGO diperoleh hasil aktivitas guru pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari skor 20 dengan kriteria cukup baik menjadi 34 dengan kriteria sangat baik. Observasi aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 4 secara klasikal meningkat dari 40% dengan kriteria kurang aktif menjadi 90% dengan kriteria sangat aktif. Observasi aktivitas berpikir kritis siswa pada pertemuan 1 sampai 4meningkat dari 30% dengan kriteria kurang kritis menjadi 90% dengan kriteria sangat kritis. Hasil belajar aspek kognitif siswa secara klasikal pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 40% menjadi 90%, Hasil belajar aspek afektif siswa secara klasikal pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 40% menjadi 90%. Hasil belajar aspek psikomotorik siswa secara klasikal pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 30% menjadi 90%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model BALOGO dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi kegiatan Indahnya Kebragaman Negeriku. Disarankan kepada guru untuk menggunakan kombinasi model BALOGO dalam menciptakan kegiatan belajar mengajar yang dapat meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa pada kegiatan pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI