DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SIKLUS AIR DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROJECT BASED LEARNING, MAKE A MATCH DAN MEDIA POP-UP BOOK PADA SISWA KELAS V SDN SUNGAI MIAI 4 BANJARMASIN
PENGARANG:SRY RACHMAH DIYATY HIDAYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-29


Hidayah, Sry Rachmah Diyaty. 2022. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Materi Siklus Air dengan Menggunakan Kombinasi Model  Project Based Learning , Make A Match dan Media Pop-Up Book Pada Siswa Kelas V SDN Sungai Miai 4 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Tika Puspita Widya Rini, M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Project Based Learning , Make A Match, Media Pop-Up Book

 

Permasalahan dalam penelitian adalah pembelajaran IPA yang monoton didominasi oleh guru menggunakan metode ceramah yang tidak didukung dengan model atau media pembelajaran dan pembelajaran tidak menyenangkan bagi siswa. Hal ini berpengaruh pada aktivitas dan hasil belajar siswa yang masih rendah kelas V SDN Sungai Miai 4 Banjarmasin. Melalui model Project Based Learning , Make A Match dan media Pop-Up Book merupakan alternatif solusi terbaik. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas guru, siswa dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN Sungai Miai 4 tahun pelajaran 2021/2022, jumlah siswa sebanyak 26 orang. Pengumpulan data aktivitas guru dan siswa diperoleh melalui lembar observasi dan hasil belajar siswa diperoleh melalui tes individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dijabarkan dengan tabel, grafik, dan interpretasi dengan persentase.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pada pertemuan I mendapat skor 20, pertemuan II mendapat skor 22, pertemuan III mendapat skor 26, dan pertemuan IV mendapat skor 30. Aktivitas siswa pada pertemuan I memperoleh  presentase 57.69%, pertemuan II memperoleh presentase 69.23%, pertemuan III memperoleh presentase 80.77% dan IV memperoleh presentase 92.30%. Hasil belajar siswa pada pertemuan I memperoleh persentase 65.38% pertemuan II memperoleh persentase 80.76%, pertemuan III memperoleh  mencapai 88.46% dan pada pertemuan IV mencapai 100.00% secara klasikal.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning , Make A Match dan Media Pop-Up Book dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI