DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KINERJA PEGAWAI DALAM BIDANG PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) PADA KANTOR KECAMATAN BABIRIK KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA
PENGARANG:Salamah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-29


ABSTRAK

Salamah, 1810411120019, Kinerja Pegawai Dalam Bidang Pelayanan 

Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) Pada Kantor Kecamatan Babirik 

Kabupaten Hulu Sungai Utara, dibawah bimbingan Aulia.

Penelitian ini bertujuan Untuk mendeskripsikan kinerja pegawai dalam 

bidang Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) pada Kecamatan 

Babirik Kabupaten Hulu Sungai Utara. Serta untuk mengetahui faktor 

penghambat dalam Kinerja Pegawai bidang Pelayanan Administrasi Terpadu 

Kecamatan (PATEN).

Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah 

pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Sumber data yang 

diperoleh dari data primer berasal dari wawancara peneliti dengan informan dan 

sumber data sekunder berasal dari dokumen, perundang-undangan dan lain-lain. 

Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model 

interktif dari Miles dan Huberman yang berisikan rangkaian mulai dari reduksi 

data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja pegawai dalam 

bidang Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) pada Kecamatan 

Babirik Kabupaten Hulu Sungai Utara sudah baik pada indikator kuantitasnya. 

Sedangkan cukup baik dari segi indikator kualitas pegawai, pelaksanaan tugas 

serta tanggung jawab terhadap pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. 

Faktor penghambat kinerja pegawai bidang Pelayanan Administrasi Terpadu 

Kecamatan (PATEN) ada dua yaitu dari terbatasnya sumber daya manusia (SDM) 

di bidang PATEN serta sarana prasarana yang masih belum mendukung 

sepenuhnya.

Dapat disimpulkan bahwa kinerja pegawai bidang PATEN mengacu pada 

indikator Mangkunegara (2015:75) yaitu kualitas kerja, kuantitas kerja, 

pelaksanaan tugas dan tanggung jawab. Tiga indikator dikatakan cukup baik 

(kualitas, pelaksanaan tugas dan tanggung jawab) dan satu indikator dikatakan 

baik (kuantitas). Sebagai saran perlunya Penambahan sumber daya manusia serta 

penambahan kelengkapan sarana dan prasarana khususnya untuk mendukung 

kinerja pegawai bidang Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN).

Kata kunci : Kinerja Pegawai, Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan 

(PATEN).

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI