DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | KINERJA PEGAWAI DALAM BIDANG PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) PADA KANTOR KECAMATAN BABIRIK KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA | |
PENGARANG | : | Salamah | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2022-08-29 |
ABSTRAK
Salamah, 1810411120019, Kinerja Pegawai Dalam Bidang Pelayanan
Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) Pada Kantor Kecamatan Babirik
Kabupaten Hulu Sungai Utara, dibawah bimbingan Aulia.
Penelitian ini bertujuan Untuk mendeskripsikan kinerja pegawai dalam
bidang Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) pada Kecamatan
Babirik Kabupaten Hulu Sungai Utara. Serta untuk mengetahui faktor
penghambat dalam Kinerja Pegawai bidang Pelayanan Administrasi Terpadu
Kecamatan (PATEN).
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Sumber data yang
diperoleh dari data primer berasal dari wawancara peneliti dengan informan dan
sumber data sekunder berasal dari dokumen, perundang-undangan dan lain-lain.
Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model
interktif dari Miles dan Huberman yang berisikan rangkaian mulai dari reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja pegawai dalam
bidang Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) pada Kecamatan
Babirik Kabupaten Hulu Sungai Utara sudah baik pada indikator kuantitasnya.
Sedangkan cukup baik dari segi indikator kualitas pegawai, pelaksanaan tugas
serta tanggung jawab terhadap pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.
Faktor penghambat kinerja pegawai bidang Pelayanan Administrasi Terpadu
Kecamatan (PATEN) ada dua yaitu dari terbatasnya sumber daya manusia (SDM)
di bidang PATEN serta sarana prasarana yang masih belum mendukung
sepenuhnya.
Dapat disimpulkan bahwa kinerja pegawai bidang PATEN mengacu pada
indikator Mangkunegara (2015:75) yaitu kualitas kerja, kuantitas kerja,
pelaksanaan tugas dan tanggung jawab. Tiga indikator dikatakan cukup baik
(kualitas, pelaksanaan tugas dan tanggung jawab) dan satu indikator dikatakan
baik (kuantitas). Sebagai saran perlunya Penambahan sumber daya manusia serta
penambahan kelengkapan sarana dan prasarana khususnya untuk mendukung
kinerja pegawai bidang Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN).
Kata kunci : Kinerja Pegawai, Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan
(PATEN).
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI