DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN ASPEK MOTORIK HALUS PADA AKTIVITAS MELIPAT KERTAS MENGGUNAKAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION, METODE DEMONSTRASI DAN METODE DRILL PADA KELOMPOK B TK ANNISA KABUPATEN BATOLA
PENGARANG:GUSTI ADINDA KHAIRUNNISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-29


Khairunnisa. Adinda Gusti 2022. MengembangkanAspek Motorik Halus Pada AktivitasMelipat kertas Menggunakan Model Explicit Instruction, Metode Demontrasidan MetodeDrill Pada Kelompok B TK AnnisaKabupaten BatolaSkripsi Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak UsiaDiniFakultas Keguruan dan IlmuPendidikanUniversitas LambungMangkurat Banjarmasin. PembimbingAkhmad Riandy Agusta. M, Pd

 

Kata Kunci: ?Motorik Halus, Model Explicit Instruction, Metode  DemontrasiMetodeDrill

 

Motorik harus distimulus pada anak sedinimungkin salah satunya adalah motorik halus. Hal tersebut dapat membantu anak untuk mempunyaikesiapan memasuki Sekolah Dasar dan mendukungkemampuan motorik ke tahap selanjutnyaMasalahpenelitian yaitu rendahnya aktivitas pada anak denganmotorik halus pada anak. Salah satu upayanya adalahmenggunakan model kombinasi (Explicit Instruction, Demontrasidan Drill).  Adapun tujuan penelitianyaitu untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru, aktivitas anakkeaktifan belajar serta hasilperkembangan.

Metode yang digunakan yaitu kualitatif denganjenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiridari empat pertemuanSubjek penelitian adalahkelompok B TK Annisa Kabupaten Batola sebanyak10 anakInstrumen yang digunakan yaitu lembarpengamatan terkait aktivitas guru, aktivitas anak,  danhasil perkembanganSedangkan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif.

Temuan ini menunjukkan aktivitas guru mengalami peningkatan mencapai kategori sangatbaikAktivitas guru secara klasikal mencapaipersentase 93% dengan kategori sangat aktifAktivitas anak mencapai persentase 90% kategorisangat aktif. Dan hasil perkembangan anak secaraklasikal meningkat dari pertemuan I  40% mulaiberkembang ?? (MB)  menjadi 90% anak sudahberkembang sangat baik ???? (BSB) padapertemuan IV. Disimpulkan bahwa model kombinasi(Explicit instruction, Demontrasidan Drill) berhasilmemperbaiki kualitas guru, meningkatkan aktivitasanakserta hasil perkembangan yang optimal.Disarankan penggunaan model kombinasi(Explicit Instruction, Demotrasidan Drill) sebagaireferensi pembelajaran efektif guna mewujudkan hasilperkembangan Motorik lebih baik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI