DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KONTRIBUSI PENDAPATAN MASYARAKAT DARI SISTEM AGROFORESTRI DI KHDTK UNLAM (Studi Kasus Di Desa Mandiangin Barat Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan)
PENGARANG:SYAMSUDIN
PENERBIT:FAKULTAS KEHUTANAN
TANGGAL:2018-08-20


SYAMSUDIN. Kontribusi Pendapatan Masyarakat Dari Sistem Agroforestri Di KHDTK Unlam Studi Kasus Di Desa Mandiangin Barat Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. Dibimbing oleh Dr. Ir. H. Mahrus Aryadi, M.Sc, dan Eva Prihatiningtyas, S.Hut, M.Si.
Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui jenis tanaman yang paling banyak dibudidayakan dalam pola agroforestri baik tanaman semusim atau tahunan dan Mengetahui besarnya kontribusi pendapatan yang diperoleh dari hasil pengelolaan agroforestri oleh masyarakat Mandiangin Barat dikawasn KHDTK tersebut.
Penelitian ini dilakukan dengan cara purposive sampling (ditentukan terlebih dahulu) dengan wawancara (open ended interview) menggunakan pertanyaan terstruktur pada penduduk yang mengelola lahan agroforestri. Jumlah responden yang diambil adalah 5 informan yang mengelola lahan dengan sistem agroforestri.
Hasil penelitian diketahui bahwa jenis tanaman yang paling banyak dibudidayakan adalah jenis tanaman karet, selat/lagsat, durian dan cempedak dengan pendapatan usaha tertinggi sebesar Rp. 21,603,000 dari hasil usaha pengelolaan agroforestri selama satu tahun, sedangkan pendapatan terendah Rp9.618,000. Umur panen jenis tanaman tersebut adalah 10 tahun dan memberikan kontribusi paling besar 94% dari hasil biaya usaha pengelolaan bersih serta memberikan kontribusi dari pendapatan diluar usaha agroforestri paling tinggi 77%.
Hasil penelitian ini diketahui bahwa jenis tanaman yang menghasilkan paling tinggi adalah jenis tanaman gatah/karet dari hasil penjualan getahnya,
vi
dikarnakan jenis tanaman ini dapat dipanen setiap hari, dengan mengpenjualan selama satu tahun sebanyak 1.455 kg dengan harga jual sekarang Rp.6.600/kg dan yang paling sedikit adalah jenis durian dimana hanya menghasilkan 450 kg/musim panen dengan harga jual sekarang Rp10.000/kg.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI