DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PANDEMIC LEARNING PADA SISWA KELAS V SDN SUNGAI MIAI 4 BANJARMASIN
PENGARANG:GT. ACHMAD FAIZALNUR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-29


 

ABSTRAK

 

Faizalnur, Gt Achmad. (2022). Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis, Kreatif dan Hasil Belajar Siswa Muatan IPS Menggunakan Model PANDEMIC LEARNING Pada Siswa Kelas V SDN Sungai Miai 4 Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: Raihanah Sari, M.Pd.

 

Kata Kunci: PANDEMIC LEARNING, Aktivitas Siswa, Keterampilan Berpikir Kritis, Keterampilan Berpikir Kreatif, Hasil Belajar.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, keterampilan berpikir kritis, kreatif dan hasil belajar siswa pada muatan IPS. Hal tersebut disebabkan kurangnya kreativitas dalam mengolah pembelajaran, terlalu banyak menggunakan metode ceramah / pembelajaran satu arah, penjelasan sebatas lisan dan kurangnya motivasi dan penggunaan model serta metode pembelajaran yang bervariasi. Upaya mengatasi permasalahan tersebut ialah dengan menerapkan model pembelajaran PANDEMIC LEARNING. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis, keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sungai Miai 4 Banjarmasin yang berjumlah 26 orang siswa terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan, pada semester II tahun ajaran 2021/2022. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis, dan keterampilan berpikir kreatif. Data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dijabarkan dengan tabel, grafik, dan interpretasi dengan persentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahawa aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai pertemuan 4 meningkat dari presentase 8% hingga 100% dengan kriteria “angat aktif”. Keterampilan Berpikir Kritis Siswa meningkat dari presentase 12% hingga 96% dengan kriteria “sangat kritis”. Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa meningkat dari presentase 31% hingga 100% dengan kriteria “sangat kreatif”.  Hasil Belajar siswa secara kognitif meningkat dari presentase 50% hingga 100% mencapai ketuntasan secara klasikal.

Berdasarkan perolehan data  tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PANDEMIC LEARNING dapat meningkatkan aktivitas, keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif, serta hasil belajar siswa. Disarankan agar model tersebut dapat menjadi referensi bagi kepala sekolah, guru dan peneliti lain dalam penerapan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif pada siswa

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI