DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN PKN MENGGUNAKAN MODEL ETOS (MAKE A MATCH, NUMBER HEAD TOGETHER DAN EXAMPLES NON EXAMPLES) DI KELAS V SDN SUNGAI LULUT 7
PENGARANG:NOR ZHANNA ANDEREINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-29


Pemilihan model pembelajaran yang tepat sangat mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar siswa. Di SDN Sungai Lulut 7 pada siswa kelas V, peserta didikcenderung pasif saat pembelajaran, pembelajaran di kelas juga berlangsung monoton karena pembelajaran masih dilaksanakan dengan menggunakan metode ceramah, peserta didik kurang percaya diri dalam menyampaikan pendapatnya, selain itu rendahnya keaktifan peserta didik saat pembelajaran, sehingga aktivitas siswa dan hasil belajar siswatergolong rendah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa di kelas V SDN Sungai Lulut 7, sehingga diperlukanupaya untuk meningkatkan pembelajaran dengan menggunakan model ETOS.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitan Tindakan Kelas (PTK).Penelitian ini dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Sungai Lulut 7 dengan jumlah siswa sebanyak 14 orang. Jenis data penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Sedangkan, data kuantitatif diperoleh melalui hasil belajar siswa.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Aktivitas gurutelah terlaksana sesuai dengan rencana dari skor 25 dengan kategori “baik”, selanjutnya meningkat menjadi skor 36 dengan kategori “sangat baik”. Aktivitas siswa mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh persentase 50% dengan kriteria “cukup aktif”, selanjutnya meningkat pada pertemuan 4 menjadi 92.86% dengan kriteria “sangat aktif. Begitu juga dengan hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh ketuntasan klasikal 57.14% siswa yang tuntas, selanjutnya meningkat menjadi92,86% siswa yang tuntas pada pertemuan 4.

Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan, bahwa melaluimodel ETOS (Make a Match, Number Head Together danExamplesNonExamples)dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada muatan PKn di kelas V SDN Sungai Lulut 7. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah, dan peneliti lain adalah hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran khususnya pada muatan PKn.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI