DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI STATISTIKA MENGGUNAKAN MODEL EKSPOSITORI PROJECT INVESTIGATION SISWA KELAS 4 SDN BERANGAS BARAT 3 BARITO KUALA
PENGARANG:EGA FAIZA HILALIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-29


ABSTRAK

Hilaliyah, Ega Faiza. 2022. “Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Materi Statistika Menggunakan Model Ekspositori Project Investigation Siswa Kelas 4 Sdn Berangas Barat 3  Barito Kuala”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Dr. Hj. Darmiyati, S.Pd, M.Pd.

Kata Kunci : Aktivitas, Hasil Belajar, statistika, pembelajaran Ekspositori Project Based Learning, dan Group Investigation.

            Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar peserta didik materi pengolahan data. Hal ini dikarenakan pembelajaran tidak berpusat kepada peserta didik, kreativitas peserta didik belum berkembang, peserta didik merasa bosan dan tidak tertantang saat belajar, dan peserta didik kesulitan memahami konsep dan kurang tepat menyelesaikan masalah terkait pengolahan data. Oleh karena itu, perlu dilakukan inovasi pembelajaran menggunakan model pembelajaran Ekspositori kombinasi Project Based Learning, dan Group Investigation.Dengan tujuan mendeskripsikan aktivitas pendidik, menganalisis aktivitas peserta didik dan hasil belajar peserta didik pada materi statistika di kelas IV SDN Berangas Barat 3 Barito Kuala.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Setting penelitian ini adalah siswa kelas IV semester genap SDN Berangas Barat 3 tahun pelajaran 2021/2022, dengan jumlah peserta didik 21 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas pendidik. Data kuantitatif diperoleh melalui observasi aktivitas peserta didik dan teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas pendidik pada pertemuan 1 mencapai kriteria baik, pertemuan 2 mencapai kriteria baik, pertemuan 3 mencapai kriteria sangat baik dan pertemuan 4 mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas peserta didik pada pertemuan 1 mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan 2 mencapai kriteria aktif, pertemuan 3 mencapai kriteria sangat aktif dan pertemuan 4 mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar peserta didik pada pertemuan 1 mencapai 62%, pertemuan 2 mencapai 76%, pertemuan 3 mencapai 86%, dan pertemuan 4 mencapai 90%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan model pembelajaran Ekspositori kombinasi Project Based Learning, dan Group Investigation dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika materi statistika peserta didik kelas IV SDN Berangas Barat 3. Saran yang dikemukakan peneliti agar dapat menjadi alternatif pendidik untuk memperbaiki pembelajaran guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI