DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENGEMBANGKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN ASPEK KOGNITIF ANAK DALAM BERPIKIR SIMBOLIK MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING, DRILL DAN PICTURE AND PICTURE PADA KELOMPOK A PAUD TERPADU ADZKIA MARTAPURA | |
PENGARANG | : | RIZKY AULIA | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2022-08-29 |
ABSTRAK
Aulia, Rizky. 2022. “Mengembangkan Motivasi, Aktivitas Dan Aspek Kognitif Anak
Dalam Berpikir Simbolik Menggunakan Model Discovery Learning,
Drill Dan Picture And Picture Pada Kelompok A Paud Terpadu Adzkia
Martapura” Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia
Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung
Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Prof. Dr. Hj. Aslamiah,
M,Pd.,Ph.D.
Kata Kunci: Perkembangan Kognitif, Discovery Learning, Drill, Picture and
Picture.
Permasalahan yang ditemukan dalam penelitian ini rendahnya aktivitas
belajar, motivasi, dan capaian perkembangan kognitif dalam berpikir simbolik
mengenal huruf. Hal ini disebabkan ketika anak melakukan kegiatan melukis huruf
dan membuat kolase berbentuk huruf. Hal tersebut menjadi suatu permasalahan
apabila terus dibiarkan, mengingat masa perkembangan anak usia dini diharapkan
berkembang secara optimal. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui
aktivitas belajar, motivasi, dan perkembangan kognitif dalam berpikir simbolik
mengenal huruf menggunakan model Discovery Learning, Drill, dan Picture and
Picture.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis Penelitian Tindakan
kelas (PTK) dengan 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok
A Paud Terpadu Adzkia Martapura yang berjumlah 15 orang anak. Jenis data dalam
penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, melalui observasi aktivitas guru
dan anak. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes secara
individu. Analisis data dilakukan dengan teknik deskrptif kualitatif yang di jabarkan
dengan tabulasi dan grafik di sajikan dengan indicator keberhasilan perkembangan
yang ditetapkan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru berada pada kriteria
“Sangat Baik”. Motivasi belajar anak menunjukkan peningkatan mencapai kategori
“Hampir Seluruh Anak Temotivasi”. Aktivitas anak menunukkan peningkatakan
mencapai kategori “Hampir Seluruh Anak Aktif”. Dan hasil capaian perkembangan
kognitif anak mencapai kategori “Berkembang Sangan Baik”.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kombinasi model
Discovery Learning, Drill, dan Picture and Picture dapat meningkatkan aktivitas,
motivasi belajar, dan hasil capaian perkembangan anak. Disarankan pengguanakan
model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas belajar
yang berdampak pada peningkatan hasil capaian perkembangan anak dalam
berpikir simbolik mengenal huruf.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI