DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN ASPEK KOGNITIF ANAK DALAM BERPIKIR SIMBOLIK MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING, DRILL DAN PICTURE AND PICTURE PADA KELOMPOK A PAUD TERPADU ADZKIA MARTAPURA
PENGARANG:RIZKY AULIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-29


ABSTRAK

Aulia, Rizky. 2022. “Mengembangkan Motivasi, Aktivitas Dan Aspek Kognitif Anak

Dalam Berpikir Simbolik Menggunakan Model Discovery Learning,

Drill Dan Picture And Picture Pada Kelompok A Paud Terpadu Adzkia

Martapura” Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia

Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung

Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Prof. Dr. Hj. Aslamiah,

M,Pd.,Ph.D.

Kata Kunci: Perkembangan Kognitif, Discovery Learning, Drill, Picture and

Picture.

Permasalahan yang ditemukan dalam penelitian ini rendahnya aktivitas

belajar, motivasi, dan capaian perkembangan kognitif dalam berpikir simbolik

mengenal huruf. Hal ini disebabkan ketika anak melakukan kegiatan melukis huruf

dan membuat kolase berbentuk huruf. Hal tersebut menjadi suatu permasalahan

apabila terus dibiarkan, mengingat masa perkembangan anak usia dini diharapkan

berkembang secara optimal. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui

aktivitas belajar, motivasi, dan perkembangan kognitif dalam berpikir simbolik

mengenal huruf menggunakan model Discovery Learning, Drill, dan Picture and

Picture.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis Penelitian Tindakan

kelas (PTK) dengan 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok

A Paud Terpadu Adzkia Martapura yang berjumlah 15 orang anak. Jenis data dalam

penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, melalui observasi aktivitas guru

dan anak. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes secara

individu. Analisis data dilakukan dengan teknik deskrptif kualitatif yang di jabarkan

dengan tabulasi dan grafik di sajikan dengan indicator keberhasilan perkembangan

yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru berada pada kriteria

“Sangat Baik”. Motivasi belajar anak menunjukkan peningkatan mencapai kategori

“Hampir Seluruh Anak Temotivasi”. Aktivitas anak menunukkan peningkatakan

mencapai kategori “Hampir Seluruh Anak Aktif”. Dan hasil capaian perkembangan

kognitif anak mencapai kategori “Berkembang Sangan Baik”.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kombinasi model

Discovery Learning, Drill, dan Picture and Picture dapat meningkatkan aktivitas,

motivasi belajar, dan hasil capaian perkembangan anak. Disarankan pengguanakan

model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas belajar

yang berdampak pada peningkatan hasil capaian perkembangan anak dalam

berpikir simbolik mengenal huruf.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI