DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN NILAI AGAMA DAN MORAL DALAM MENIRUKAN GERAKAN SHALAT MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL DEMONSTRATION, PICTURE AND PICTURE DENGAN MEDIA MYSTERY BOX PADA ANAK KELOMPOK A DI TK MAWAR BARITO KUALA
PENGARANG:Siti Nor Jamilah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-29


ABSTRAK

Jamilah, Siti Nor. 2022. Mengembangkan Nilai Agama Dan Moral Dalam

Menirukan Gerakan Shalat Menggunakan Kombinas Model Demonstration,

Picture and picture Dengan Media Mystery Box Pada Anak Kelompok A di

TK Mawar Barito Kuala. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru

Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,

Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr.

Sulistiyana, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci : Nilai Agama dan Moral, Gerakan Shalat, Demonstration, Picture

And Picture, Mystery Box.

Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya kemampuan nilai agama

dan moral dalam menirukan gerakan shalat yang belum berkembang sesuai

harapan. Penyebab dari masalah tersebut adalah anak terlalu sering meminta guru

untuk mengulang gerakan, media yang digunakan dalam proses pembelajaran

menirukan gerakan shalat kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk

mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas anak, dan capaian hasil

perkembangan anak.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian

Tindakan Kelas, dilaksanakan 4 kali pertemuan dengan jumlah anak 13 orang.

Teknik analisis data kualitatif berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa,

sedangkan data kuantitatif melalui pengukuran nilai agama dan moral anak.

Keberhasilan penelitian ini dapat dilihat dari ketercapaian indikator keberhasilan

yang ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pertemuan 1 memperoleh skor

12 kriteria cukup baik meningkat pada pertemuan 4 menjadi 20 dengan kriteria

sangat baik. Disebabkan guru selalu melaksanakan refleksi setelah melaksanakan

kegiatan pembelajaran. Aktivitas anak pertemuan 1 memperoleh 46% meningkat

pada pertemuan 4 menjadi 100% dengan kriteria Sangat Aktif. Dikarenakan anak

dilibatkan secara langsung dalam proses pembelajaran. Hasil perkembangan nilai

agama dan moral anak pertemuan 1 sebanyak 54%, meningkat pada pertemuan 4

mencapai 92%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan

menggunakan kombinasi model kombinasi Model Demonstration, Picture and

picture Dengan Media Mystery Box dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas

anak dan hasil perkembangan nilai agama dan moral anak dalam menirukan

gerakan shalat. Disarankan kepada guru untuk menggunakan kombinasi model

kombinasi model Model Demonstration, Picture and picture Dengan Media

Mystery Box dalam menciptakan kegiatan belajar mengajar yang dapat

meningkatkan interaksi dan keterlibatan anak pada kegiatan pembelajaran,

sehingga dapat meningkatkan hasil perkembangan nilai agama dan moral.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI