DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENGEMBANGKAN NILAI AGAMA DAN MORAL DALAM MENIRUKAN GERAKAN SHALAT MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL DEMONSTRATION, PICTURE AND PICTURE DENGAN MEDIA MYSTERY BOX PADA ANAK KELOMPOK A DI TK MAWAR BARITO KUALA | |
PENGARANG | : | Siti Nor Jamilah | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2022-08-29 |
ABSTRAK
Jamilah, Siti Nor. 2022. Mengembangkan Nilai Agama Dan Moral Dalam
Menirukan Gerakan Shalat Menggunakan Kombinas Model Demonstration,
Picture and picture Dengan Media Mystery Box Pada Anak Kelompok A di
TK Mawar Barito Kuala. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr.
Sulistiyana, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Nilai Agama dan Moral, Gerakan Shalat, Demonstration, Picture
And Picture, Mystery Box.
Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya kemampuan nilai agama
dan moral dalam menirukan gerakan shalat yang belum berkembang sesuai
harapan. Penyebab dari masalah tersebut adalah anak terlalu sering meminta guru
untuk mengulang gerakan, media yang digunakan dalam proses pembelajaran
menirukan gerakan shalat kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas anak, dan capaian hasil
perkembangan anak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian
Tindakan Kelas, dilaksanakan 4 kali pertemuan dengan jumlah anak 13 orang.
Teknik analisis data kualitatif berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa,
sedangkan data kuantitatif melalui pengukuran nilai agama dan moral anak.
Keberhasilan penelitian ini dapat dilihat dari ketercapaian indikator keberhasilan
yang ditetapkan.
Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pertemuan 1 memperoleh skor
12 kriteria cukup baik meningkat pada pertemuan 4 menjadi 20 dengan kriteria
sangat baik. Disebabkan guru selalu melaksanakan refleksi setelah melaksanakan
kegiatan pembelajaran. Aktivitas anak pertemuan 1 memperoleh 46% meningkat
pada pertemuan 4 menjadi 100% dengan kriteria Sangat Aktif. Dikarenakan anak
dilibatkan secara langsung dalam proses pembelajaran. Hasil perkembangan nilai
agama dan moral anak pertemuan 1 sebanyak 54%, meningkat pada pertemuan 4
mencapai 92%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan
menggunakan kombinasi model kombinasi Model Demonstration, Picture and
picture Dengan Media Mystery Box dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas
anak dan hasil perkembangan nilai agama dan moral anak dalam menirukan
gerakan shalat. Disarankan kepada guru untuk menggunakan kombinasi model
kombinasi model Model Demonstration, Picture and picture Dengan Media
Mystery Box dalam menciptakan kegiatan belajar mengajar yang dapat
meningkatkan interaksi dan keterlibatan anak pada kegiatan pembelajaran,
sehingga dapat meningkatkan hasil perkembangan nilai agama dan moral.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI