DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS TEMA 8 MENGGUNAKAN MODEL GIVE AND TAKE PADA SISWA KELAS V SDN HANDIL BAKTI
PENGARANG:MUHAMMAD NOR IMAMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-29


ABSTRAK

Imami, Muhammad Nor. 2022. Meningkatkan Motivasi, Aktivitas Dan Hasil Belajar Muatan IPS Tema 8 Menggunakan  Model Give And Take Pada Siswa Kelas V SDN Handil Bakti. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Asniwati, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci: Motivasi, Aktivitas, Hasil Belajar, Model Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT) dan Talking Stick. 

Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini adalah kurangnya motivasi siswa dalam belajar, aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah. Penyebab dari pemasalahan tersebut ialah pembelajaran kurang menarik dan menyenangkan, kurangnya motivasi siswa dalam belajar, pembelajaran masih berfokus pada guru dan kurangnya aktivitas siswa pada pembelajaran sehingga bedampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan ini yaitu menggunakan model Give And Take. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, meningkatkan motivasi, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VC SDN Handil Bakti yang berjumlah 28 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, motivasi dan aktivitas siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui tes tertulis secara individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.

Kegiatan ini berlangsung sebanyak 4 kali pertemuan, dengan hasil aktivitas guru pada pertemuan I mencapai skor 21 dengan kriteria “baik” dan pada pertemuan IV mencapai skor 31 dengan kategori “sangat baik”. Observasi aktivitas siswa pada pertemuan I memperoleh 46% dengan kriteria “cukup aktif” dan pertemuan IV memperoleh 89% dengan kriteria “sangat aktif”. Motivasi belajar siswa pada pertemuan I memperoleh 43% dengan kriteria “kurang tinggi” dan pertemuan IV memperoleh 75% dengan kriteria “sangat tinggi". Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I memperoleh 36% siswa “tidak tuntas” dan pertemuan IV mencapai 89% siswa “tuntas”.

Berdasarkan temuan dan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Give And Take dapat meningkatkan aktivitas guru, motivasi, aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan motivasi siswa yang dapat berdampak pada peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI