DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL INVESTIGATION TEAM COURSE PADA SISWA SEKOLAH DASAR
PENGARANG:NABILLA DANAH FITRIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-29


Fitria, Nabilla Danah. 2022. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Muatan Matematika Menggunakan Model Investigation Team Course Pada Siswa Sekolah Dasar. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing, Fathul Jannah, M.Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Investigation Team Course.

 

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, dan hasil belajar siswa materi keliling dan luas bangun datar pada siswa kelas IV SDN Semangat Dalam 5. Penyebab dari masalah tersebut adalah pembelajaran satu arah (berpusat pada guru), siswa kurang minat belajar matematika, kurang pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari.. Solusinya yaitu model Investigation Team Course. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, dan siswa serta peningkatan hasil belajar menggunakan model Investigation Team Course pada siswa kelas IV SDN Semangat Dalam 5.

Pendekatan penelitian ialah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 4 pertemuan di kelas IV SDN Semangat Dalam 5 yang berjumlah 19 orang siswa. Data dihasilkan dari lembar observasi dan tes hasil belajar, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik. Selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masig indikator keberhasilan aktivitas guru dan siswa serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan mengalami peningkatan, pada pertemuan I mendapatkan skor 20 kriteria “Cukup Baik”, meningkat menjadi kriteria “Sangat Baik” dengan skor 32 pada pertemuan 4.. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh “Cukup Aktif” dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi kriteria “Sangat Aktif”. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I memperoleh 32% dan meningkat pada pertemuan 4 memperoleh 95%.

Berdasarkan hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Investigation Team Course dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penggunaan model Investigation Team Course dapat digunakan sebagai solusi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI