DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING KONSEP EKOLOGI DI SMA
PENGARANG:Ayu Mursita
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-30


ABSTRAK

Keterampilan abad ke-21 menekankan pada pembentukan peserta didik yang baik sesuai dengan kurikulum 2013 yang telah dirancang untuk mendorong pola pembelajaran kritis bagi peserta didik. Upaya meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dapat dilakukan melalui penyediaan perangkat pembelajaran yang sesuai tuntutan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Salah satu bahan ajar yang dapat menjadi pilihan yaitu E-LKPD berbasis Problem Based Learning dengan konsep Ekologi. E-LKPD ini dikembangkan dengan penggambaran contoh-contoh permasalahan dalam kehidupan sehari-hari mencakup persoalan lingkungan yang berdampak pada ekosistem dan keanekaragaman hayati. E-LKPD merupakan sebuah bentuk penyajian bahan ajar yang disusun secara sistematis kedalam unit pembelajaran tertentu yang disajikan dalam format elektronik. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan E-LKPD Berbasis PBL Konsep Ekologi di SMA yang meliputi kesesuaian, kelayakan, keterbacaan oleh peserta didik dan respon peserta didik. Jenis metode penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model 4D. Hasil pengembangan E-LKPD berbasis PBL pada konsep Ekologi di SMA mempunyai nilai persentase kesesuaian sebesar 84,44%, nilai persentase kelayakan sebesar 83,33%, nilai persentase keterbacaan sebesar 95,56%, dan nilai persentase respon peserta didik sebesar 94,92%. Penilaian termasuk ke dalam kriteria cukup sesuai dan cukup layak, sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran serta sangat baik dalam keterbacaan dan respon oleh peserta didik.

 

Kata kunci: Ekologi, E-LKPD, PBL

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI