DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MUATAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL COURSE, ENDED, DAN INSTRUCTION PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN TATAH MESJID 1 BARITO KUALA
PENGARANG:Muhammad Rifa’i
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-30


ABSTRAK

 

Rifa’I, Muhammad. 2022. “Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Muatan Matematika Menggunakan Model Course, Ended, dan Instruction Pada Peserta didik Kelas IV di SDN Tatah Mesjid 1 Barito Kuala” Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat.

Kata Kunci: Motivasi, Hasil Belajar, Pecahan, Course Review Horay, Open Ended, Direct Instruction

            Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya Motivasi dan Hasil Belajar Peserta didik materi pecahan, hal ini dikarenakan ketika pembelajaran dikelas dilaksanakan banyak peserta didik tidak bisa focus terhadap pembelajaran dikelas dan didapati pula peserta didik yang perhatian nya sering teralihkanserta peserta didik yang tidak memiliki Motivasi untuk belajar, pemahaman mengenai soal cerita yang masih terhitung susah untuk mengerti, kerja sama dalam kelompok yang terhitung masih kecil, serta masih banyak peserta didik yang pasif atau sulit untuk berkomunikas. Berdasarkan permasalahan yang ada maka, maka dilaksanakan inovasi pembelajaran menggunakan model pembelajaran Course Review Horay, Open Ended dan Direct Instruction dengan tujuan mendeskripsikan aktivitas pendidik, mendeskripsikan aktivitas peserta didik, menganalisis motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi pecahan di Kelas IV di SDN Tatah Mesjid 1 Barito Kuala.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Setting penelitian ini adalah peserta didik kelas IV  semester Ganjil SDN Tatah Mesjid 1 Barito Kuala tahun ajaran 2021/2022, dengan jumlah Peserta didik sebanyak 22 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif yaitu data hasil dari aktivitas pendidik dan peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran. Sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui data observasi pendidik, aktivitas peserta didik, data motivasi eksintrik dan intrinsic, dan lembar penilaian hasil belajar peserta didik.

            Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi pada pertemuan 1 mendapatkan kriteria “Cukup Tinggi”, pertemuan 2 mendapatkan kriteria “Cukup Tinggi, pertemuan 3 mendapatkan kriteria “Cukup Tinggi” dan pada pertemuan 4 mendapatkan kriteria “Sangat Tinggi”. Ketuntasan klasikal hasil belajar peserta didik pada pertemuan 1 mencapai kriteria “Tidak Tuntas”, pertemuan 2 kriteria “Tidak Tuntas”, pada pertemuan 3 mencapai kriteria “Tidak Tuntas”, dan  pertemuan 4 dengan kriteria “Tuntas”

            Berdasarkan temuan ini maka dapat disimpulkan model Course Review Horay, Open Ended dan Direct Instruction dapat meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar peserta didik kelas IV SDN Tatah Mesjid 1 Barito Kuala. Saran yang dikemukakan Peneliti agar dapat menjadi alternative pendidik untuk memperbaiki pembelajaran guna meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta didik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI